fbpx
Beranda » Artikel » Aneka Peyek Khas Nusantara

Aneka Peyek Khas Nusantara

Diposting pada 24 March 2022 oleh Kampung Kaleng | Dilihat: 90 kali | Kategori:

Rempeyek atau peyek adalah hidangan camilan sejenis keripik atau kerupuk bercita rasa gurih dan renyah. Tak hanya untuk camilan, rempeyek juga cocok disantap sebagai pendamping makanan pedas untuk menetralisir rasa pedasnya.

Jika dilihat dari bahannya, rempeyek terbuat dari gorengan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu, dan diberi bahan pengisi yang khas, seperti biji kacang tanah atau kedelai, udang, hingga bayam.

Rempeyek atau dikenal juga dengan sebutan peyek, memang menjadi camilan paling banyak dicari orang Indonesia. Rasanya yang renyah dan enak, menjadi alasan orang untuk memburu camilan satu ini. Cara membuatnya pun terbilang mudah dan sederhana. Jika bosan dengan rempeyek yang itu-itu saja, rempeyek juga bisa diolah dengan berbagai bahan makanan lain lho.

 

Nah kampungkaleng akan membahas macam – macam peyek yang ada di nusantara , sebelum masuk ke pembahasan kita simak dulu yuk asal muasal peyek.

Asal muasal Rempeyek

Siapa yang tidak kenal dengan rempeyek atau sebagian besar orang Jawa menyebutnya sebagai peyek. Campuran tepung beras, tepung kanji, dengan tupping kacang, kedelai, udang, teri, dan lain-lain camilan ini amat disukai. Kombinasi bumbu yang pas, bawang putih, kencur, garam, kemiri, dan irisan daun jeruk, membuat camilan ini dikenal hampir semua kalangan. Siapa sangka dibalik kesederhanaannya mengandung makna sejarah yang luar biasa.

 

Pada abad ke 16 rempeyek sudah ditemukan Yogyakarta seperti ditemukan dalam salah satu sumber yang ditulis oleh De Graaf dalam tulisannya yang berjudul Mataram Islam. Bermula dari perjalanan Ki Ageng Pamanahan bersama dengan rombongan untuk melakukan Bedhol Desa yang diperintahkan oleh Sultan Hadiwidjaya. Kala itu rombongan harus menempuh jarak dari wilayah Surakarta menuju Alas Mentaok, seperti dilansir dari https://www.infia.co/news.

 

Di ujung perjalanannya rombongan dijemput oleh Ki Gede Karanglo, saat itu rombongan bertemu di pinggir Sungai Opak. Mereka pun beristirahat setelah melakukan perjalanan jauh dan kemudian meneruskan perjalanan menuju kediaman Ki Gede Karanglo.

 

Mereka dipersilahkan untuk beristirahat dan disajikan makanan. Saat itu menu yang disajikan adalah nasi putih, sayur pecel, peyek, dan sayur kenikir. Untuk pertama kalinya, rempeyek dianggap sebagai makanan yang mudah untuk dibuat dan memberikan rasa asin di tengah-tengah makanan hambar seperti nasi dan sayur saja. Saat itulah rempeyek mulai dikenal.

 

Perlu diketahui bahwa kata rempeyek berasal dari kata rempah – rempah dan jiyek. Dengan bahan dasar rempah – rempah yang menjadi bahan masakan serta jiyek yang memiliki arti ‘gepeng dan lebar’, rempeyek dibuat. Bicara soal bentuk ada berbagai macam bentuk mulai dari kotak bulat dan macam – macam, tetapi yang pasti rempeyek berbentuk gepeng.

 

Peyek Kacang

Pertama ada peyek kacang tanah yang paling populer. Rempeyek kacang tanah dibuat dari campuran kacang tanah yang sudah dicuci terlebih dahulu lalu dipotong kasar atau dipotong dua dan dicampur dengan adonan rempeyek. Ada dua jenis rempeyek kacang, yakni yang tipis dan tebal. Rempeyek tebal ini lebih banyak dijumpai di daerah Jawa dengan nama peyek kacang. Meski tebal, tapi teksturnya empuk kok.

 

Peyek Teri

Selain ada peyek kacang yang sangat familier bagi kita sekarang ada peyek teri. Peyek teri berbahan dasar ikan teri sehingga cita rasanya jauh lebih asin dan gurih jika dibandingkan dengan rempeyek kacang tanah. Sebelum digunakan, teri sebaiknya dicuci terlebuh dahulu agar rasanya tidak terlalu asin. Setelah itu barulah dikeringkan sedikit agar tidak terlalu basah.

 

Peyek Udang

Pasti kamu pernah menjumpai rempeyek udang. Rempeyek udang memang banyak dijumpai di rumah makan Padang karena memang menjadi salah satu lauk yang bisa kamu pilih di sana. Sesuai dengan namanya, rempeyek udang ini dibuat dari bahan dasar udang. Udang yang digunakan ukurannya bisa kecil hingga sedang. Berbeda dengan rempeyek kebanyakan, rempeyek udang ini lebih tebal dan tekstur garingnya tidak bertahan lama sehingga kamu harus segera menyantapnya setelah membelinya.

 

Peyek Rebon

Berikutnya ada rempeyek rebon yang banyak dijumpai selain rempeyek- rempeyek di atas. Rempeyek rebon dibuat dengan campuran udang rebon sehingga cita rasanya jauh lebih asin dan gurih jika dibandingkan dengan rempeyek kacang tanah. Sebelum digunakan, rebon sebaiknya dicuci terlebuh dahulu agar rasanya tidak terlalu asin. Setelah itu barulah dikeringkan sedikit agar tidak terlalu basah.

 

Peyek Rumput Laut

Nah, ada yang beda nih dari peyek – peyek sebelumnya yak ini dia peyek rumput laut. Peyek rumput laut biasanya biasanya kita temukan di daerah pesisir pantai, banyak para pedagang yang menjual peyek rumput laut hasil olahan mereka sendiri. Peyek rumput laut bias kita jadikan buah tangan untuk keluarga dirumah.

 

 

 

Cara Membuat Peyek Kacang Tanah

Bahan-bahan :

  • 500 gr tepung beras
  • 250 gr kacang tanah (belah 2)
  • 600 ml air putih
  • 6 lembar daun jeruk (rajang tipis)
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • Secukupnya minyak untuk mengoreng
  • Bumbu Halus
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar butiran
  • 2 ruas kunyit

 

Langkah – Langkah :

  • Langkah pertama, siapkan wadah, masukan 500gr tepung beras,bumbu halus dan air,aduk2 hingga encer dan tidak menggumpal
  • Tambahkan garam dan aldu bubuk,masukan potongan kacang tanah dan daun jeruk,, aduk lagi
  • Kemudian goreng sedikit demi sedikit ya.. Ulangi hingga adonan habis. Selesai

 

Cetakan Peyek

 

 

 

Untuk kamu yang membutuhkan perlengkapan baking dan cetakan kue lainnya  kampungkaleng tersedia berbagai macam peralatan dapur juga baking.

Jangan Lupa kunjungi marketplace kami langsung klik di bawah ini

 

 

WEBSITE:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

 

Bagikan

Aneka Peyek Khas Nusantara | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja