fbpx
Beranda » Artikel » Antara cendol dan dawet, mirip tapi tidak sama!

Antara cendol dan dawet, mirip tapi tidak sama!

Diposting pada 6 August 2022 oleh admin | Dilihat: 40 kali | Kategori:
Perbedaan Cendol dan Dawet - kampungkaleng

Perbedaan Cendol dan Dawet – kampungkaleng

Kita semua pasti tau dong, sama es cendol atau es dawet. Apalagi kalo minumnya pas siang panas kayak gini, seger banget deh. Dua minuman ini, sekilas tampak serupa, ternyata antara es cendol dan es dawet memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari asal muasal, bahan hingga cara pembuatannya.
Di Indonesia, ada varian es campur yang sangat populer, yaitu es cendol dan es dawet. Namun, sayangnya masih banyak orang yang sulit membedakan mana yang es cendol dan mana yang es dawet.

Bahkan ada pula yang menganggap bahwa kedua es tersebut merupakan satu jenis yang sama. Jika dilihat sekilas, memang tampilan es cendol maupun es dawet tampak sama. Sama-sama berwarna hijau, panjang dan disajikan dengan kuah santan dengan gula jawa yang manis legit.

Asal Muasal

Perbedaan es cendol dan es dawet dapat dilihat dari asal muasalnya. Berdasarkan dimana es tersebut berasal, jelas keduanya sangat berbeda. Es cendol merupakan es yang berasal dari Sunda, Jawa Barat.

Sementara es dawet berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Itu juga banyak tertulis di gerobak penjual es dawet. Biasanya di atas gerobak tersebut bertuliskan ‘Dawet Ayu Banjarnegara’

2. Bahan Utama yang Digunakan

Pembeda antara es condol dan es dawet juga ada pada bahan utama yang digunakan. Meski terlihat sama-sama berwarna kehijauan, tetapi bahan yang digunakan sangat berbeda. Es cendol dibuat dari tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

Kemudian tepung tersebut diberi warna hijau menggunakan pewarna makanan atau air daun pandan suji. Berbeda dengan es dawet yang menggunakan bahan berupa tepung beras. Untuk menghasilkan warna hijau, tepung berat itu kemudian diberi daun suji.

Perbedaan Cendol dan Dawet - kampungkaleng

Perbedaan Cendol dan Dawet – kampungkaleng

3. Proses Pembuatan

Selain sama-sama berwarna hijau, cendol maupun dawet juga memiliki bentuk yang sama. Es cendol maupun es dawet dikenal dengan bentuknya yang memanjang. Ternyata untuk membentuk seperti itu, melewati proses pembuatan yang berbeda.

Untuk es cendol, adonan dari tepung hunkwe dicetak menggunakan alat pencetak khusus. Bentuknya seperti gelas panjang dengan lubang-lubang di bawahnya. Dilengkapi dengan tutup penekannya. Dengan alat tersebut, biasanya menghasilkan cendol dengan ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan es dawet. Sementara untuk es dawet dicetak menggunakan alat berupa saringan sederhana.

Adonan dawet dituang menggunakan saringan berongga. Kemudian, saringan tersebut digoyangkan agar adonan dawet jatuh melalui rongga-rongga kecil di sana. Oleh karena itu, bentuk dawet pada ujungnya terlihat lebih runcing.

Perbedaan Cendol dan Dawet - kampungkaleng

Perbedaan Cendol dan Dawet – kampungkaleng

4. Tekstur

Karena bahan utama yang digunakan berbeda, tekstur pada kedua jenis es tersebut juga berbeda. Es cendol memiliki tekstur yang lebih kenyal ketika digigit. Sensasi kenyal itu dihasilkan dari tepung hunkwe yang digunakan.

Sementara pada es dawet memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Selain itu, untuk ketebalannya, es dawet biasanya lebih tebal dibandingkan dengan es cendol. Es cendol selain diberi sirop gula merah biasanya ditambah dengan potongan nangka. Sementara dawet biasanya ditambah tape ketan.

Kalo temen-temen mau coba bikin cendol sendiri, ikuti langkah-langkah di bawah ini ya…

Bahan cendol:
1 lembar daun suji atau 1/2 sendok teh pasta pandan
150 gram tepung beras atau tepung hunkwe 15 gram tepung tapioka atau tepung beras 700 mililiter
air matang 2 gram garam 2 block es batu
Resep kinca (saus gula merah)
480 gram gula merah yang sudah diserut halus 130 gram gula putih
3 lembar daun pandan
10 gram garam halus Daging nangka (opsional agar aromanya khas)
Bahan tambahan: 1.500 ml santan kelapa

Cetakan Cendol Dorong - kampungkaleng

Cetakan Cendol Dorong – kampungkaleng

Cara membuat cendol sendiri di rumah:
1. Campur dengan cara blender daun suji dengan air, lalu saring.
2. Masukkan semua bahan cendol dan air daun suji dalam panci. Aduk rata. Nyalakan kompor, masak sampai adonan kental dan lengket. Durasi masak sekitar 20-25 menit untuk mendapatkan konsistensi yang sesuai.
3. Siapkan wadah seperti baskom atau panci bersih. Isi dengan air matang dan masukkan es batu. Aduk rata.
4. Siapkan cetakan cendol, masukkan adonan cendol yang masih panas tersebut ke dalam cetakan cendol. Tekan cetakan cendol dengan bagian baskom berisi air dingin di bawah. Nantinya cendol akan terpisah dan kaku secara otomatis.

5. Cetakan Cendol ini bisa didapatkan di Kampung Kaleng berbahan dasar stainless yang kuat dan awet.
6. Bikin saus kinca, campurkan semua bahan kecuali santan. 6. Saring cendol yang sudah mengeras dari baskom, tata di gelas atau mangkuk.
7. Beri es batu, saus kinca, dan santan dengan jumlah sesuai selera. Cendol siap dinikmati.

 

kaleng kerupuk mini, kaleng kerupuk, kerupuk kaleng, kaleng kerupuk jadul, kerupuk putih kaleng, kaleng kerupuk besar, kerupuk kaleng putih, harga kaleng kerupuk, kaleng kerupuk sabar, tempat kerupuk kaleng, kaleng kerupuk kecil, harga kerupuk 1 kaleng, harga kerupuk kaleng, kaleng kerupuk kosong, harga kerupuk putih 1 kaleng, harga kaleng kerupuk besar, tempat jual kaleng kerupuk jadul, harga kerupuk putih kaleng, kaleng kerupuk stainless, wadah kerupuk jadul, harga 1 kaleng kerupuk

#hargakalengkerupuk, #hargakerupuk1kaleng, #hargakerupukkaleng, #hargakerupukputih1kaleng, #hargakalengkerupukbesar, #tempatjualkalengkerupukjadul, #hargakerupukputihkaleng, #harga1kalengkerupuk, #jualkalengkerupukbesar

Bagikan

Antara cendol dan dawet, mirip tapi tidak sama! | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja