fbpx
Beranda » Artikel » Asal Mula Gorengan, Sudah Tau Belum?

Asal Mula Gorengan, Sudah Tau Belum?

Diposting pada 26 April 2021 oleh admin | Dilihat: 30 kali | Kategori:

Siapa yang tak suka dengan gorengan? Kamu dengan mudah mendapatkan camilan ini di pinggir jalan. Berbagai jenis gorengan seperti tempe, bakwan, tahu dan pisang menjadi salah satu yang digemari masyarakat Indonesia. Gorengan bisa dibilang sebagai salah satu kudapan favorit orang Indonesia. Bisa disantap kapan saja. Harganya murah meriah. Plus, beberapa jenis gorengan bisa disantap sebagai lauk. Penasaran enggak sih sebenarnya bagaimana awal mulanya ada camilan yang disebut dengan gorengan?

Nah, makanan ini ternyata sudah ada sejak lama. Sebuah buku yang memiliki judul A History of Food mengungkapkan bahwa teknik untuk menggoreng dalam minyak yang banyak atau dalam bahasa inggris deep frying sudah ada sejak 1200 SM di Mesir. Teknik ini memang pertama kali ada di Mesir dan kemudian menyebar di seluruh dunia.

Maka kamu juga akan menemukan jenis makanan yang digoreng. Misalnya di Jepang ada makanan tempura yang terknal. Atau di Inggris misalnya terkenal dengan fish and chip. Ikan yang difillet kemudian digoreng di dalam minyak yang banyak. Di Amerika makanan yang digoreng juga sangat banyak misalnya fish cake atau crab cake yang merupakan campuran adonan ikan yang kemudian di goreng.

Cetakan Bakwan di kampungkaleng.com

Apalagi Amerika memiliki restauran waralaba yakni KFC yang juga menjajakn gorengan ayam. Maka teknik menggoreng dengan minyak banyak juga semakin cepat menyebar ke seluruh dunia. Hanya saja bahan dasar yang digoreng memang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tiap negara. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Darimana datangnya pengetahuan mengenai gorengan?

Di Indonesia, gorengan datang dari pendatang Cina. Memang orang Cina kala itu banyak memberi pengaruh pada makanan Indonesia. Misalnya saja kita jadi mengenal tahu dan bakso. Keduanya merupakan teknik memasak dan makanan yang berasal dari Cina.

Teknik menumis juga sebelumnya tidak dikenal oleh masyarakat. Tetapi dari pendatang asal Cina, orang Indonesia belajar untuk memasak dengan menggoreng pakai sedikit minyak. Tak hanya ilmu menumis, ilmu menggoreng dengan banyak minyak juga diadaptasi oleh orang Indonesia. Maka dari itu, jangan heran jika kita mengembangkan berbagai jenis gorengan.

Cetakan Peyek di kampungkaleng.com

Akhirnya berbagai bahan makanan bisa diolah dengan minyak yang banyak. Salah satu jenis gorengan yang cukup terkenal dan ada di berbagai daerah adalah bakwan atau ote-ote. Istilah ote-ote sendiri cukup dikenal pada kawasan Surabaya dan sekitarnya. Gorengan ini terbuat dari tepung yang kemudian dicampur dengan berbagai macam isian seperti wortel dan kol. Namun di Surabaya juga dicampur dengan daging ayam dan lainnya.

Nah, kemudahan membuat gorengan dan juga harganya yang murah menjadi alasan mengapa gorengan disukai banyak orang. Meski tak baik mengkonsumsinya terus menerus dan dalam jumlah banyak, makanan ini termasuk sering ada di berbagai acara. Mulai dari acara formal sampai acara santai, gorengan tidak terlupakan.

 

Bagikan

Asal Mula Gorengan, Sudah Tau Belum? | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja