fbpx
Beranda » Artikel » Asal Mula Kue Semprong

Asal Mula Kue Semprong

Diposting pada 2 August 2022 oleh admin | Dilihat: 29 kali | Kategori:

Kue semprong adalah makanan kue kering yang berasal dari Indonesia. Kue ini berbentuk selinder atau panjang seperti pipa dengan rasa yang khas dan unik. Kue semprong juga hadir dalam bentuk lain, seperti bentuk segitiga dan persegi panjang.Rasa kue ini tidak terlalu manis dan akan renyah dan gurih ketika digigit.

Kue semprong dipercayai pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis, karena kue ini mirip dengan kue krumkake yang berasal dari Norwegia. Namun, bahan-bahan dan bentuk kue ini sudah dimodifikasi dari kue asinya.

Kue kering yang bahan dasarnya dari adonan tepung beras ini rasanya manis, teksturnya renyah, dan punya aroma bakar yang khas. Cara membuatnya cukup unik karena menggunakan alat penjepit dari besi. Biasanya dibentuk menjadi gulungan yang panjang atau dilipat membentuk persegi panjang dan segitiga.

Di Jawa Barat, kue semprong biasanya digunakan untuk jamuan para tamu saat lebaran atau hari perayaan khusus. Tak hanya kue kering modern saja yang menghiasi setiap toples di rumah saat lebaran. Kue kering tradisional pun tak kehilangan pamornya.

Di Indonesia ada juga kue kering yang serupa dengan semprong, yaitu ledre khas Bojonegoro, Jawa Timur.
Di Malaysia ada juga kue sejenis yang mirip dengan semprong. Namanya kuih kapit, atau love letter bentuk dan teksturnya sama persis. Kuih kapit pun menggunakan santan kelapa jadi rasanya sama persis dengan kue semprong asal Indonesia.

Asal Usul Kue Semprong

Kue semprong merupakan kue kering tradisional dari Indonesia. Kue ini banyak sekali ditemui di Jawa Barat. Namun asal-usul adanya kue semprong dipercayai pertama kali dibawa oleh bangsa Portugis.

Karena kue semprong mirip sekali dengan kue krumkake yang asalnya dari Norwegia. Hanya saja bahan dan bentuk kue tersebut sudah dimodifikasi. Kalau kue semprong terdapat rasa gurih dari santan, krumkake tidak menggunakan santan.

Bentuk krumkake seperti terompet yang lebar pada bagian satu sisinya. Kue semprong bentuknya seperti gulungan memanjang dan mirip dengan stik wafer. Ada pula yang bentuknya persegi panjang dan segitiga.

Kue Semprong - kampungkaleng.com

Kue Semprong – kampungkaleng.com

Bahan Dasar Kue Semprong

Kue kering tradisional khas Jawa Barat ini bentuknya seperti gulungan panjang dan ada juga yang dilipat persegi panjang serta segitiga. Rasanya manis, gurih, dan renyah. Selain itu ada juga aroma bakar yang khas karena membuatnya dengan cara dipanggang.

Bahan-bahan untuk membuat kue semprong ini cukup sederhana. Hanya tepung beras, tepung tapioka, gula, santan, telur dan mentega. Jika ingin bervariasi bisa tambahkan biji wijen. Rasa gurih kue ini berasal dari santan kelapa.

Di seluruh permukaan semprong juga terdapat bentuk yang khas. Ini karena semprong menggunakan wajan cetakan khusus. Ada yang bentuk bunga, wajik, hingga abstrak. Bahan cetakannya pun ada yang seperti wajan teflon namun ada juga yang besi biasa.

Resep Kue Semprong

Kue Semprong - kampungkaleng.com

Kue Semprong – kampungkaleng.com

Di kalangan tionghoa, bahkan Kue klasik ini sering muncul saat perayaan Imlek. Konon aslinya bernama egg roll terbuat dari bahan sederhana dan murah. Namun, membuat kue semprong butuh kesabaran. Sebab, kue dimasak satu per satu menggunakan cetakan khusus dan harus digulung perhalan. Oleh karena itu, harga kue semprong gulung termasuk tinggi dan bisa bersaing dengan kue kering lain. Satu stoples kue semprong biasanya dijual kisaran Rp 70.000-an ke atas. Kamu butuh cetakan kue semprong untuk membuat kue jadul ini, karena akan ada perbedaan tekstur saat membuat dengan teflon. Tapi jangan kuatir cetakan ini tersedia di Kampung Kaleng atau toko khusus alat kue. Simak resep kue semrpong original berikut ini:

Kue Semprong - kampungkaleng.com

Kue Semprong – kampungkaleng.com

 

Kue Semprong - kampungkaleng.com

Kue Semprong – kampungkaleng.com

Bahan:
3 butir telur
150 gram gula tepung
225 gram tepung beras
4 sendok makan tepung sagu
175 ml santan dari 1/2 butir kelapa
4 sendok teh margarin, dilelehkan
40 gram wijen (opsional)
1/4 sendok teh garam

Kue Semprong - kampungkaleng.com

Kue Semprong – kampungkaleng.com

Cara membuat kue semprong original:
1. Dalam satu wadah kocok telur dan gula tepung sampai kental.
2. Masukkan tepung beras dan tepung sagu ke adonan sambil diayak. Aduk rata.
3. Masukkan santan dan margarin leleh, aduk rata.
4. Masukkan wijen dan garam, aduk rata.
5. Panaskan cetakan kue semprong, tuangkan satu sendok adonan ke cetakan. Tutup cetakannya. Masak di atas api sambil bolak-balik cetakan sampai hampir kering.
6. Buka cetakan tersebut, pakai sumpit panjang untuk gulung kue semprong. Taruh di nampan agar suhunya turun, sambil mengerjakan kue semprong lain.
7. Simpan kue semprong yang sudah dingin di wadah kedap udara.

 

loyang brownies, loyang bolu, loyang signora, loyang kue bolu, loyang bolu gulung, loyang bulat, loyang lidah kucing, loyang bolu kukus, loyang kue kering, cetakan brownies sekat, loyang kue bulat, signora loyang, harga loyang brownies, loyang kotak, loyang persegi panjang, loyang ukuran 20, bolu kukus loyang plastik, loyang kue bolu anti lengket, ukuran loyang bulat, loyang ukuran 22, loyang bulat ukuran 22, loyang bulat ukuran 20, loyang brownies kukus, loyang ukuran 16, loyang bolu panggang, cetakan bolu gulung, bolu ukuran 18 cm, loyang ukuran 24, cetakan roti bakar, loyang kue ukuran 18, loyang tulban anti lengket, loyang brownies ukuran 20×10, cetakan kue bolu kecil, loyang roti tawar, loyang kue kering, loyang roti sisir, loyang roti sobek, cetakan roti bakar, loyang roti bakar, loyang roti tawar tutup, cetakan roti bluder, loyang roti tawar teflon, cetakan roti sobek, cetakan roti bulat, cetakan roti sisir, loyang roti bulat, loyang roti tawar tanpa tutup, loyang roti bluder, loyang burger, loyang roti manis, loyang untuk roti tawar, loyang kue ukuran 24, kue bolu ukuran 18, cetakan kue bluder, loyang roti gulung, ukuran loyang kue persegi panjang, loyang roti sobek bulat, loyang roti gembong, loyang kue bolu gulung, loyang untuk roti sobek, loyang roti kukus, loyang untuk kue kering, loyang roti tawar bulat, cetakan roti gembong, loyang roti sisir, cetakan roti sisir, ukuran loyang roti sisir, cetakan kue sisir, loyang sisir, harga loyang roti sisir

Bagikan

Asal Mula Kue Semprong | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja