fbpx
Beranda » Artikel » Bakwan; Cemilan Segala Usia

Bakwan; Cemilan Segala Usia

Diposting pada 29 December 2018 oleh admin | Dilihat: 613 kali | Kategori:

Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu yang lazim ditemukan di Indonesia. Bakwan biasanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Bahannya terdiri dari taoge, irisan kubis (kol) atau irisan wortel, dicampur dalam adonan tepung terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak. Di Jawa Barat bakwan disebut ‘bala-bala’. Bakwan mirip dengan masakan Jepang yasai tenpura (tempura sayur).

Bakwan sebenarnya berasal dari Cina yang terlihat jelas pada kata Bak (肉) yang berarti Daging. Hal ini serupa dengan makanan lain yang memiliki asal yang sama seperti Bakpao (Roti isi Daging), Bakso (Bola Daging), Bakmi (Mie Daging), Bakpia (Kue daging kacang hijau), Bacang (Makanan Daging Cacah).

Pada saat terjadi perdagangan dan pertukaran budaya di Indonesia, resep makanan pun saling berbaur sehingga mempengaruhi masakan tradisional saat itu. penggunaan kata Bak sendiri sampai sekarang masih digunkan meskipun Bakwan tidak lagi berisi daging / udang.

Cetakan Bakwan

Ada juga pendapat bahwa Bakwan adalah nama lain dari Bakso, jika dipahami arti kata “bak” adalah daging sedangkan “wan ” berarti bulat jadi Bakwan artinya daging bulat. sedangkan Bakso arti kata pada “bak” adalah daging dan “so” adalah dibuat bulat. Jadi Bakso artinya daging yg sedang dibuat bulat. Contohnya penggunaan kata bakwan untuk bakso adalah Bakwan Malang. Mereka berpendapat penyebutan kata Bakwan pada gorengan bala bala tersebut adalah salah kaprah yg lama digunakan oleh masyarakat.

Bakwan biasanya terdiri atas sayuran, akan tetapi terdapat variasi lain yaitu bakwan udang yang menggunakan udang utuh yang digoreng bersama adonan terigu. Karena kemiripannya, istilah ‘bakwan’ dan ‘perkedel’ sering kali dipertukarkan, misalnya bakwan jagung juga dapat disebut perkedel jagung. Menikmati bakwan dapat menjadi lauk saat makan nasi ataupun menjadi camilan saat santai dilengkapi dengan cabai rawit.

Bagikan

Bakwan; Cemilan Segala Usia | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja