fbpx
Beranda » Artikel » Camilan Ini Disebut Kerupuk Melarat, Kenapa?

Camilan Ini Disebut Kerupuk Melarat, Kenapa?

Diposting pada 24 November 2021 oleh admin | Dilihat: 14 kali | Kategori:

Kerupuk merupakan salah satu panganan yang digemari oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Saking populernya, kerupuk seringkali hadir dalam setiap acara formal maupun non formal sebagai pendamping makanan utama.

Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah, membuat makanan yang dibuat dengan cara digoreng ini selalu jadi primadona kuat dari setiap daerah di Indonesia. Namun di Kota Cirebon, Jawa Barat, kita akan menemui sebuah kerupuk yang unik dan berbeda dari jenis lainnya, namanya kerupuk melarat.

Kerupuk melarat adalah salah satu makanan khas Cirebon dan sekitarnya. Makanan ini disajikan dengan menambahkan sambal asam. Jajanan kerupuk melarat sangat cocok disantap pada musim kemarau, selain menambah selera makan juga dapat membangkitkan semangat kerja. Tepung tapioka adalah bahan dasarnya, dengan bentuk seperti tali rafia yang ruwet (urak-urakan) dengan beragam warna, di antaranya merah mudah, kuning, putih, dan hijau. Melarat berarti miskin. Kerupuk melarat disebut demikian karena digoreng tidak memakai minyak goreng, tetapi memakai pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Kerupuk yang memiliki bentuk cukup lebar dan besar itu konon sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di tahun 1920-an. Saat itu, kerupuk melarat mulai populer sebagai makanan alternatif masyarakat Kota Cirebon.

Digoreng Menggunakan Pasir

Salah satu hal unik yang menjadi ciri khas kerupuk melarat adalah cara menggorengnya yang berbeda. Kerupuk yang identik dengan warna-warninya ini ternyata digoreng menggunakan pasir khusus, bukan menggunakan minyak.

Budayawan Cirebon, Nurdin M. Noor mengungkapkan jika sebutan melarat karena cara menggorengnya yang menggunakan pasir. Salah satu penyebabnya karena di masa penjajahan masyarakat banyak yang tidak memiliki minyak goreng akibat dari depresi ekonomi yang melanda negara jajahan seperti Indonesia.

Inovasi Masyarakat Cirebon di Masa Perang

Saat terjadi kelangkaan serta ketimpangan ekonomi tersebut, masyarakat Cirebon memanfaatkan apapun untuk membantu industri kerupuk yang menggantungkan pada minyak goreng, salah satunya memanfaatkan pasir. Ternyata, cita rasa kerupuk menjadi lebih renyah dan enak serta sehat ketika digoreng menggunakan pasir.

Menggunakan Pasir Khusus

Pasir yang digunakan untuk menggoreng kerupuk pun bukan pasir sembarangan, melainkan pasir pegunungan yang sudah melewati proses penyaringan dari bebatuan.

Setelah halus, pasir kemudian dicuci agar terbebas dari tanah liat yang menempel. Selanjutnya pasir dijemur untuk menghasilkan pasir yang bersih dan kering. Setelah itu, barulah pasir layak digunakan sebagai pengganti minyak.

Naik Kelas

Hal menarik dari kerupuk melarat ini ternyata di masa sekarang kerupuk tersebut selalu jadi incaran bagi masyarakat dari luar Kota Cirebon, khususnya jika memasuki masa liburan panjang. Para pembeli yang rata-rata menggunakan mobil berhasil membuat kerupuk bercita rasa gurih dan sedikit manis itu naik kelas.

Disajikan Menggunakan Sambal Khusus

Jika kita membeli langsung ke sentranya di kawasan Tengah Tani, Plered, wisatawan akan disuguhkan berbagai jenis kerupuk melarat (kerupuk lebar hingga kerupuk upil). Biasanya masyarakat Cirebon akan menyantap kerupuk unik tersebut dengan sambal khusus khas kota udang seperti sambal asam, sambal oncom atau dage dan sambal kacang pedas.

Bila membutuhkan wadah untuk menyimpan kerupuk, kalian bisa dapatkan semuanya di https://kampungkaleng.com/

kaleng kerupuk mini, kaleng kerupuk, kerupuk kaleng, kaleng kerupuk jadul, kerupuk putih kaleng, kaleng kerupuk besar, kerupuk kaleng putih, harga kaleng kerupuk, kaleng kerupuk sabar, tempat kerupuk kaleng, kaleng kerupuk kecil, harga kerupuk 1 kaleng, harga kerupuk kaleng, kaleng kerupuk kosong, harga kerupuk putih 1 kaleng, harga kaleng kerupuk besar, tempat jual kaleng kerupuk jadul, harga kerupuk putih kaleng, kaleng kerupuk stainless, wadah kerupuk jadul, harga 1 kaleng kerupuk

#hargakalengkerupuk, #hargakerupuk1kaleng, #hargakerupukkaleng, #hargakerupukputih1kaleng, #hargakalengkerupukbesar, #tempatjualkalengkerupukjadul, #hargakerupukputihkaleng, #harga1kalengkerupuk, #jualkalengkerupukbesar

Bagikan

Camilan Ini Disebut Kerupuk Melarat, Kenapa? | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja