fbpx
Beranda » Artikel » Cuma di Indonesia! Ada makanan berasal dari nama hewan

Cuma di Indonesia! Ada makanan berasal dari nama hewan

Diposting pada 21 September 2022 oleh admin | Dilihat: 30 kali | Kategori:

Makanan Indonesia memang memiliki keberagaman dengan keunikannya masing-masing. Salah satu keunikannya terletak dari nama makanan. Ada beberapa nama makanan yang terinspirasi dari nama hewan. Padahal beberapa makanannya nggak mirip dengan nama hewan tersebut.

Makanan dengan nama hewan pun bermacam-macam jenis, ada makanan yang terbuat dari nasi, makanan manis, hingga camilan. Makanan-makanan ini pun pasti sering kamu dikonsumsi sehari-hari.
Meskipun terdengar aneh, namun nggak begitu dengan rasanya. Sesuai cirikhas kuliner Indonesia yang kaya rasa, makanan-makanan ini pun nikmat. Rasanya yang enak bikin kamu lupa sama namanya yang berunsur hewan.
Kami rangkum dari berbagai sumber, sebelas makanan yang terinspirasi dari nama hewan.

1. Nasi Kucing

Bagi pecinta angkringan mungkin sudah nggak asing lagi dengan namanya nasi kucing. Nasi Kucing atau Sega Kucing adalah makanan yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Porsi nasi kucing yaitu sedikit, biasanya ditambah sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang.
Kata “nasi kucing” berarti “nasi untuk kucing”, karena porsinya yang kecil. Kata tersebut berasal dari kebiasaan masyarakat Jawa yang memelihara kucing dan memberikan makanan untuk peliharaannya dengan porsi kecil.
Nasi kucing memiliki porsi kecil yang ditambah dengan berbagai macam lauk. Jenis lauk yang disediakan biasanya ikan bandeng dan tempe.Bahan lain yang dapat ditambahkan yaitu telur, ayam, dan mentimun.Disajikan dengan daun pisang dan bisa langsung disantap.
Variasi dari nasi kucing adalah sego macan, ukurannya tiga kali lebih besar dibandingkan nasi kucing. Biasanya disajikan dengan nasi yang dibakar, ikan, dan sayuran. Seperti nasi kucing, sego macan juga dibungkus daun pisang. Nasi ini sangat digemari oleh berbagai kalangan terutama kalangan muda seperti mahasiswa.

Nasi Kucing - kampungkaleng

Nasi Kucing – kampungkaleng

2. Kue Jaring Laba-Laba

Salah satu jajanan tradisional yang hingga sekarang pun masih banyak penggemarnya. Biasanya dijual bersanding dengan kue cubit. Sempat hits di tahun 90 an, kue jaring laba-laba ini diyakini berasal dari Jakarta. Bahkan populer hingga jawa barat dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya dalam proses pembuatannya kue ini dibentuk layaknya jaring laba-laba. Adonannya berasal dari campuran tepung terigu, susu, telur dan minyak goreng.

3. Telur Cicak

Bagi kalian milenial yang lahir di tahun 90-an, tentu sangat akrab dengan jajanan jaman dulu (jadul) yang satu ini. Telur cicak merupakan permen yang terbuat dari kacang kedelai yang dibalut dengan coklat warna-warni. Karena bentuknya ini, jajanan khas Indonesia yang satu ini diberi nama telur cicak.
Karena memang mirip sekali dengan telur cicak, khususnya varian yang berwarna putih. Perpaduan antara gurih serta manis menjadikan permen telur cicak amat digemari anak-anak. Apakah kalian juga salah satunya yang sering membeli jajanan ini saat di bangku sekolah dulu?

kue lidah kucing - kampungkaleng.com

kue lidah kucing – kampungkaleng.com

4. Lidah Kucing

Kue lidah kucing jadi salah satu hidangan yang biasa disajikan saat Idul Fitri. Kue kering yang satu ini pun sering dijadikan hampers yang diberikan ke orang-orang terdekat. Di balik namanya yang sedikit aneh, siapa sangka ternyata kue lidah kucing masih jadi favorit karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah.
Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang memiliki bentuk yang mirip seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan “Kattentongen”.
Jika zaman dulu kue lidah kucing hanya memiliki satu rasa dengan bentuk pipih memanjang dan tipis, tapi sekarang kue ini sudah banyak variasinya lho. Ada kue lidah kucing yang berwarna hijau dan rasa green tea atau matcha, ada pula yang berwarna merah karena memiliki rasa red velvet. Tak hanya itu, sekarang pun kue lidah kucing sudah disertai dengan topping beraneka ragam, mulai dari chocochips, keju, cokelat, dan lain sebagainya.

5. Telur Mata Sapi

Telur mata sapi (dari bahasa Prancis: Œil de Bœuf) adalah hidangan dari telur ayam yang digoreng dengan minyak goreng panas tanpa diaduk terlebih dahulu. Di Indonesia, makanan ini dikenal dengan “telur ceplok”.
Di Amerika Utara, telur mata sapi memiliki beberapa cara menggoreng berdasarkan tingkat kematangan kuning telur sewaktu dihidangkan.

  • Over hard atau hard — telur digoreng bolak-balik sampai kuning telur menjadi matang.
  • Over medium — telur digoreng bolak-balik sampai kuning telur tidak bergoyang-goyang lagi tetapi masih setengah matang.
  • Over easy atau disebut juga runny — telur dipecahkan di atas penggorengan dan dibalik sekali, tetapi kuning telur masih setengah matang. Telur mata sapi seperti ini sering disebut sunny side down. Penduduk Maryland dan orang Pennsylvania Dutch menyebutnya sebagai dippy eggs atau dip eggs, sedangkan orang barat daya Pennsylvania menyebutnya sebagai treasure eggs.
  • Sunny side up — telur digoreng tanpa dibalik, kuning telur masih encer di dalam. Seringkali minyak disiram-siramkan ke bagian kuning telur agar tidak terlalu mentah, dikenal juga sebagai eggs up.
  • Fried — telur digoreng bolak-balik sampai kedua sisi, kuning telur dipecahkan dan digoreng sampai kuning telur matang.
kuping gajah - kampungkaleng.com

kuping gajah – kampungkaleng.com

6. Kuping Gajah

Kue kuping gajah merupakan salah satu kue tradisional asli Indonesia. Memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis, enak dan renyah, bentuknya sesuai dengan namanya: kuping gajah. Kuping gajah ini memiliki berbagai rasa, mulai dari rasa coklat, vanila hingga moca. Kue kuping gajah ini dapat di temui di pasar-pasar dan juga swalayan. Pembuatannya cukup mudah dan bahan yang digunakan mudah didapat. Kue ini sangat cocok untuk dikonsumsi semua usia, disajikan sebagai camilan. Biasanya kue kuping gajah juga di hidangkan untuk para tamu pada hari-hari tertentu seperti perayaan hari besar.

7. Kuku Macan

Kerupuk kuku macan atau yang lebih umum disebut sebagai amplang merupakan makanan khas tradisional asal Kalimantan yang terbuat dari ikan tenggiri yang digoreng hingga renyah. Bentuknya yang unik menyerupai kuku hewan buas layaknya kuku macan di mana ujungnya berbentuk lancip dan tajam. Namun, jangan salah sangka ya!
Kerupuk ini murni dari olahan ikan yang dicampur dengan tepung dan dibuat sedemikian rupa hingga bentuknya menyerupai kuku macan. Sekali merasakannya, pasti bikin nagih! Kerupuk kuku macan akan semakin lezat saat dimakan dengan nasi dan lauk pauk apapun! Cita rasanya yang khas dan terbuat dari campuran bumbu tradisional, akan semakin melengkapi santap makan bersama keluarga di rumah.

Kue_Mata_kebo_kampungkaleng.com

Kue_Mata_kebo_kampungkaleng.com

8. Mata kebo

Mata kebo adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan berwarna merah dan biasanya diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa.Versi lain kue mata kebo ada yang diisi kacang hijau. Warna kue mata kebo ini merah atau hijau. Adonan kue dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kue mata kebo adalah salah satu makanan tradisional yang termasuk jajanan pasar.Variasi jenis kue mata kebo sekarang beraneka warna dengan inovasi isian yang lebih beragam. Ada kue mata kebo yang dibuat dari ubi ungu yang kemudian dijadikan kue mata kebo berwarna ungu. Selain itu, kue mata kebo berwarna hijau dibuat dari pewarna makanan berwarna hijau atau pewarna alami dari daun suji.

9. Telur Gajah

Nopia merupakan salah satu makanan khas daerah Banyumas, Purwokerto. Nopia kerapkali disebut ‘telur gajah’ karena bentuknya yang bulat dan cukup besar. Nopia dibuat dari adonan gula Jawa yang dibungkus terigu. Kemudian memiliki lima ragam rasa seperti coklat, durian, pandan, brambang (bawang), serta gula jawa itu sendiri. Setelah dibentuk seperti telur, kue bulat tersebut dimasukkan ke dalam oven tradisional.

10. Roti Buaya

Ini adalah hidangan Betawi berupa roti manis berbentuk buaya. Roti buaya senantiasa hadir dalam upacara pernikahan dan kenduri tradisional Betawi. Suku Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dengan pasangannya; karena itu roti ini dipercaya melambangkan kesetiaan dalam perkawinan. Pada saat pernikahan, roti diletakkan di sisi mempelai perempuan dan para tamu kondisi roti ini melambangkan karakter dan sifat mempelai laki-laki. Buaya secara tradisional dianggap bersifat sabar (dalam menunggu mangsa). Selain kesetiaan, buaya juga melambangkan kemapanan. Akan tetapi kini dalam simbolisme budaya modern, makna buaya berubah menjadi hal yang buruk, misalnya buaya judi, buaya minum (pemabuk) dan buaya darat (orang yang mata keranjang).

Kue Sarang Semut - kampungkaleng.com

Kue Sarang Semut – kampungkaleng.com

11. Sarang Semut

Kue sarang semut adalah salah satu kue khas Indonesia. Disebut sarang semut karena kue ini berongga-rongga seperti sarang semut. Warna coklat pada kue sarang semut berasal dari campuran karamel. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal.

Kue Sarang Semut ini berasal dari Kota Seberang, Jambi. makanan ini juga dikenal dengan nama Sarang Semut Ubi Kayu. Namun, saat ini kue Sarang Semut hanya bisa dijumpai saat momen-momen tertentu. Pasalnya, pembuatan kue ini memerlukan proses yang memakan waktu. Karena itu juga, banyak orang yang akhirnya enggan memasak makanan ini dan dibuat saat momen tertentu saja, seperti bulan Ramadan.

kaleng kerupuk mini, kaleng kerupuk, kerupuk kaleng, kaleng kerupuk jadul, kerupuk putih kaleng, kaleng kerupuk besar, kerupuk kaleng putih, harga kaleng kerupuk, kaleng kerupuk sabar, tempat kerupuk kaleng, kaleng kerupuk kecil, harga kerupuk 1 kaleng, harga kerupuk kaleng, kaleng kerupuk kosong, harga kerupuk putih 1 kaleng, harga kaleng kerupuk besar, tempat jual kaleng kerupuk jadul, harga kerupuk putih kaleng, kaleng kerupuk stainless, wadah kerupuk jadul, harga 1 kaleng kerupuk, kampung kaleng

#kalengkerupukjamandulu, #kalengkerupukbekas, #kalengkerupuk jadul, #kalengkerupukmini, #kalengkerupukplastic, #jualkalengkerupukbesarsurabaya, #jualkalengkerupukjogja, #pengrajinkalengkerupuk, #pengrajinkaleng, #pengrajinkalengkerupuk, #tokoloyangonlineciteureup, #pengrajinloyangaluminiumjakarta

Bagikan

Cuma di Indonesia! Ada makanan berasal dari nama hewan | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja