fbpx
Beranda » Artikel » Fakta Unik dan Menarik Seputar Harbolnas

Fakta Unik dan Menarik Seputar Harbolnas

Diposting pada 9 December 2021 oleh admin | Dilihat: 51 kali | Kategori:

Hari belanja online nasional atau lebih dikenal sebagai harbolnas adalah acara tahunan terbesar bagi semua ecommerce di Indonesia. Harbolnas hadirkan diskon besar-besaran yang dilaksanakan serempak di akhir tahun pada 12.12 atau 12 Desember yang dikenal dengan Harbolnas. Harbolnas sering dinanti-nantikan oleh banyak Pelanggan di indonesia untuk belanja online. Saat ini semua e-commerce menyiapkan pra – event dan post event untuk persiapan harbolnas.

Tahukah kamu ada beberapa fakta unik dan menarik seputar harbolnas yang mungkin kamu belum ketahui? Yuk simak fakta unik dan menarik seputar harbolnas berikut ini yang sudah kampungkaleng.com untuk kalian.

Pertama Kali Dirayakan Pada 2012 Di Indonesia

Harbolnas mulai digelar pertama kalinya pada tahun 2012 pada tanggal 12 12 2012, Tanggal itu dipilih agar lebih mudah diingat oleh masyarakat. Tujuan dari harbolnas itu sendiri adalah untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat di Indonesia tentang mudahnya berbelanja via online.

Jumlah partisipasi pada saat itu hanya 7 e-Commerce yaitu Lazada, Bilna, Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Traveloka dan Luxola. Mengutip dari Daily Social, HARBOLNAS terbentuk secara tidak sengaja dan tidak terencana.

Sudah Ada Disejumlah Negara Selain Indonesia

Siapa sangka harbolnas sudah ada sebelum di indonesia? sebelum marak di Indonesia Harbolnas sudah ada di sejumlah negara lainnya. Negara tersebut seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman, dan Jepang, namun istilah itu dikenal dengan sebutan Cyber Monday. Istilah ini beradaptasi dan terinspirasi dari perayaan Black Friday yang ada di Amerika Serikat, di perayaan Black Friday toko-toko memberi potongan harga besar-besaran sehingga pengunjung antusias dan tertarik untuk datang ke toko dan mengantri untuk membelinya.

Ada istilah lain selain Cyber Monday dan Black Friday, di China ada Single Day 11.11. Harbolnas di Indonesia dimulai sejak 12.12.12, yaitu di tanggal 12 desember tahun 2012.

Harbolnas Pertama Kali Dipelopori Oleh Lazada

Sejarah Harbolnas Indonesia dipelopori oleh Lazada yang ingin memiliki hari khusus belanja dengan tujuan untuk promosi, menarik perhatian lebih banyak konsumen, dan juga untuk meraih keuntungan besar-besaran. Ide itu didengar oleh para e-commerce lain yang tergabung dalam sebuah Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).

Para e-commerce yang bergabung dalam asosiasi itu antara lain Lazada, Bukalapak, Zalora, Belanja, PinkEmma, dan Berrybenka. Keinginan Lazada untuk mengkampanyekan pesta belanja secara online kepada masyarakat disambut baik oleh e-commerce lainnya yang kemudian berkembang hampir ke seluruh perusahaan ritel e-commerce sampai sekarang untuk mendapatkan keuntungan besar.

Lalu terciptalah Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang selalu dirayakan pada tanggal 12.12. Belakangan, masing-masing e-commerce lainnya juga mencetuskan hari belanjanya sendiri. Seperti 11.11 untuk Shopee, dan lain sebagainya. Umumnya mereka mengambil tanggal yang dinilai cantik, seperti 12.12 itu. Tak hanya perusahaan ritel saja yang mengadakan pesta Harbolnas, bahkan saat ini ada banyak industri yang bergerak secara online maupun offline mengadakan pesta ini dengan menawarkan beragam promo fantastis saat Harbolnas tiba.

 

Peserta Harbolnas Setiap Tahunnya Melonjak Pesat

Menelusuri sejarahnya, pesta perayaan belanja online ini pertama kali di selenggarakan pada 12 Desember 2012. Saat itu, beberapa pelaku e-commerce di Indonesia menjadi pemrakarsanya. Sebut saja Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Dimulai hanya dengan melibatkan 6 peserta, event yang kini berada dalam kawalan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) berkembang dengan sangat signifikan. Hal ini bisa dilihat dengan peningkatan jumlah peserta di tahun 2020 ini yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online

 

Penjualan Meningkat Hingga 200 Persen

Dikondisi yang sekarang terdampak pandemic ini usaha untuk menarik pembeli dengan Harbolnas rupanya berhasil hingga meningkatkan transaksi sebesar 200 persen. Harbolnas memang dapat membantu bisnis lokal dan UMKM menjangkau konsumen yang lebih luas.

Pada dasarnya dalam kondisi pandemi seperti ini bisnis offline terbilang cukup sepi, apabila awalnya bisnis offline hanya terbatas pada sejumlah area saja, dengan adanya Harbolnas banyak bisnis yang mulai beralih ke platform digital dan memperluas jangkauan mereka.

Harbolnas juga diharapkan dapat membantu perekonomian negara. Pada tahun 2019, survei Nielsen Indonesia memperkirakan nilai transaksi harbolnas menembus angka Rp 9 triliun.

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni tahun 2018 dengan nilai transaksi yang ditaksir mencapai Rp 6,8 triliun. Untuk tahun 2021, Target transaksi Harbolnas dari pemerintah adalah Rp. 20 triliun.

Dompet Digital Kian Populer Karena Harbolnas

Di zaman yang serba digital ini dompet digital kian populer dikalangan masyarakat karna kemudahannya membantu berbagai macam transaksi seperti belanja, membayar tagihan dan sebagainya.

Dompet digital juga menawarkan penawaran menarik seperti diskon, voucher, administrasi gratis, dan lain sebagainya. Karena transaksi Harbolnas pastinya secara online, maka kebanyakan orang memilih dompet digital yang punya banyak penawaran.

Survei Snapcart pun menemukan bahwa ShopeePay menjadi dompet digital yang paling sering digunakan sebesar 50 persen untuk belanja online pada saat Harbolnas. Selanjutnya, disusul oleh OVO sebesar 23 persen dan Gopay 12 persen.

Sejak hadirnya harbolnas hingga saat ini, perayaan Harbolnas tidak pernah sepi peminatnya. Ada saja pengguna-pengguna baru yang mulai tergila-gila dengan perayaan ini, bagaimana tidak perayaan ini digelar dalam jangka waktu yang beragam.

 

Keuntungan Belanja Saat Harbolnas

Untuk kamu yang suka belanja dan nyari barang idaman tapi harga gak pas di kantong? Belanja saat harbolnas tentunya menjadi pilihan yang menguntungkan. Promo besar-besaran pada Harbolnas ternyata memiliki banyak manfaat, yang bisa didapatkan sebagai berikut:

Tidak Perlu Mengantri / Berdesakan

Biasanya saat di toko offline ada diskon besar – besaran kita mengantri dan berdesakan untuk mendapatkan barang yang kita idam – idamkan. Namun, dengan adanya harbolnas kini belanja semakin lebih mudah dan efektif bisa hemat biaya juga waktu anda. Di saat pandemi seperti ini transaksi belanja online kian meningkat untuk berbagai macam kebutuhan primer juga barang – barang kesehatan. Untuk kalian yang membutuhkan peralatan dapur https://kampungkaleng.com/ menyediakan berbagai macam kebutuhan anda seperti alat untuk memasak, Loyang kue, kocokan telur dan banyak lagi.

Barang Akan Di Kirim Ke Rumah

Selain tidak perlu mengantri, anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk mengerjakan hal lain selama barang yang dipesan atau dibeli pada Harbolnas 12.12, dikirimkan ke rumah. Dengan demikian, dapat diasumsikan bahwa anda tidak perlu membuang banyak waktu.

Pembeli tidak butuh waktu perjalanan ke toko, memilih barang di toko, mengantri untuk membayar barang belanjaan, sampai waktu untuk kembali ke rumah. Alur tersebut terpangkas dan masyarakat juga tidak perlu repot membawa sendiri barang ke rumah, ini sebuah metode yang sangat memudahkan pembeli.

Transaksi Kian Mudah

Banyak sekali e commerce yang telah menyediakan metode pembayaran yang beragam. Tersedia pilihan untuk menggunakan kartu kredit, debit, poin, sampai cash memakai metode cost of delivery (COD). Semua ini memudahkan masyarakat untuk membayar barang yang ingin dibeli sesuai dengan kapasitas keuangan masing-masing.

Bukan hanya memiliki keuntungan untuk pembeli, pesta belanja online ini juga memiliki dampak bagi para penjual. Bagi kamu yang juga memiliki bisnis online shop, keuntungan harbolnas adalah meningkatkan penjualan kamu.

Terdapat Diskon Menarik

Saat perayaan harbolnas hal yang dinanti – nantikan ialah diskon besar – besaran. Semua orang suka diskon, bila diskon yang biasanya jadi budaya offline diadakan juga pada budaya belanja online, tentunya masyarakat akan sangat senang menyambutnya. Selain dapat diakses dengan mudah adanya diskon menambah minat belanja online, diskon yang tersedia di berbagai e-commerce beragam mulai dari gratis ongkis, potongan harga, chasback dan lain sebagainya.

Untuk kalian yang ingin berbelanja saat harbolnas dan mengincar voucher diskon kampung.kaleng  sedang bagi – bagi voucher untuk kamu nih senilai Rp 100.000 di Bukalapak dan Blili dengan minimal order 200.000 promo berlaku sampai 12 desember 2021

Jangan sampai ketinggalan ya!!

Voucher terbatas!!

Yuk langsung klik aja

Bukalapak

https://www.bukalapak.com/kampung-kaleng-official

Blibli

https://www.blibli.com/merchant/kampung-kaleng/KAK-42168?page=1&start=0&pickupPointCode=&cnc=&multiCategory=true&sort=7

 

Bagikan

Fakta Unik dan Menarik Seputar Harbolnas | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja