fbpx
Beranda » Artikel » Info Menarik Seputar Surat Yang Perlu kamu Ketahui

Info Menarik Seputar Surat Yang Perlu kamu Ketahui

Diposting pada 11 March 2022 oleh Kampung Kaleng | Dilihat: 301 kali | Kategori:

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim. Informasi yang diberikan di dalam surat berupa pengantar, pemberitahuan, tugas, permintaan, perjanjian, pesanan, perintah, laporan dan putusan. Selain itu, surat juga dapat berisi peringatan, teguran, dan penghargaan. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan prangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di prangko harus semakin besar juga.

Nah kampungkaleng akan membahas sejarah surat yang ada di Indonesia nih yuk simak berikut ini

 

Sejarah Surat

Dalam perjalanan sejarah, surat telah berubah bentuk dari bahan sederhana hingga kini berbentuk elektronik.

Surat sudah ada ketika manusia menemukan simbol atau tulisan. Ya walaupun masih dalam bentuk sederhana. Kegiatan surat-menyurat di Indonesia sendiri telah dimulai jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa, yakni pada masa Kutai, Tarumanegara, Majapahit, Pajajran, Sriwijaya, dan Mataram.

Nah, zaman kerajaan dulu orang-orang mengirim pesan melalui pesuruh. Kadang pesan itu bersifat rahasia sehingga si pesuruh pun tak boleh tahu apa isinya.

Cara menyampaikan pesan rahasia pada zaman kerajaan dulu adalah dengan dituliskan di kepala manusia. Setelah pesan ditulis, rambut dibiarkan tumbuh. Setelah kepala ditumbuhi rambut, si pesuruh berangkat ke kerajaan yang dimaksud.

Ini mencegah musuh yang kadang menggeledah si pesuruh. Maka mereka tidak akan menemukan surat itu.

Selain itu surat tentu disampaikan dengan beragam media lain seperti kulit kayu, kulit hewan, potongan bambu, daun lontar dan sebagainga.

Kemudian kegiatan surat-menyurat modern pun berkembang ketika kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia yang dipelopori oleh Belanda di abad 17-18an.

Kegiatan pos semakin lancar, Setelah pembuatan Jalan Raya Pos (de Grote Postweg) dari Anyer sampai Panarukan sepanjang 1000 km pada tahun 1809 atas perintah gubernur jendral Herman William Deandels.

Hal tersebut menyebabkan tempuh pos dari Jawa Barat ke Jawa Timur yang sebelumnya memakan waktu 40 hari, diperpendek menjadi 6 hari.

Penggagasan perangko yang dipelopori oleh inggris pada tahun 1840 membuka zaman baru dalam bidang pertarifan pos. Belanda yang pada saat itu menduduki Indonesia mengikuti jejak Inggris dengan membuat perangko yang bergambar Raja Willem III di tahun 1852.

Perkembangan kegiatan surat-menyurat pun berkembang pesat di tanah air Indonesia. Pemerintah kolonial Belanda akhirnya menyediakan banyak kantor pos di berbagai kota besar di Indonesia serta menyediakan banyak kotak pos. Kantor pos merupakan salah satu tempat paling sibuk ketika itu.

Kini fungsi surat sudah tergeser dengan kemajuan teknologi. Karena saat ini sudah begitu mudah mengirimkan pesan bahkan kepada orang di belahan bumi lain.

Begitupun, secara formal surat menyurat masih diterapkan.

 

Jenis – Jenis Surat

Secara umum jenis surat yang dilihat dari bentuk, isi dan bahasanya bisa digolongkan menjadi: surat pribadi, dinas dan niaga. Sedangkan jika di golongkan berdasarkan pemakaiannya, surat bisa dibedakan menjadi: surat pribadi, resmi dan surat dinas.

Berikut adalah kriteria dari ke empat jenis surat yang disebutkan disebutkan diatas:

 

Pertama, Surat pribadi. Yaitu jenis surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi yang diantaranya adalah, tidak menggunakan kop surat. Tidak ada nomor surat. Salam pembuka dan penutup bervariasi. Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis. Format surat bebas. Dengan demikian, dapat di ketahui bahwa jenis surat ini berbentuk bebas sesuai dengan kreatifitas pembuatnya, karena tidak ada aturan baku yang mengikat untuk bentuk surat pribadi.

 

Kedua, surat resmi. Yaitu jenis surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. misalnya undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan bahkan surat pengunduran diri. Ciri-ciri surat resmi yang membedakan dengan surat pribadi antaa lain: Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi atau instansi. Ada nomor surat, lampiran, dan perihal. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim. Penggunaan ragam bahasa resmi. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi. Ada aturan format baku

 

Ketiga, Surat dinas. Yitu surat resmi yang digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.

 

Keempat, Surat niaga. Aladah surat yang digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan.Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.

 

Sang Pengantar Surat : Merpati Pos

Di era yang serba canggih, masyarakat berkirim pesan menggunakan surat eletronik (surel) atau email. Tapi di era Perang Dunia I, masyarakat berkirim pesan menggunakan merpati pos.

 

Merpati pos pertama kali digunakan dalam abjad kuno milik bangsa Mesir kuno. Kemudian digunakan pula oleh Julius Caesar, Romawi dalam bidang militer. Sedangkan di Yunani, merpati pos dimanfaatkan untuk mengirim hasil nama pemenang olimpiade ke berbagai kota.

 

Alasan merpati menjadi pengantar surat

 

Fisik yang Mumpuni

Merpati pos menjadi pengantar surat karena memiliki fisik yang mumpuni. Cocok ketika menghadapi kondisi ekstrem seperti angin laut.

 

Merpati pos memiliki leher panjang dan fleksibel, kepala besar memberikan kapasitas bagi otak yang besar, tubuh kompak, kaku, dan bagian vital terlindung dengan baik dari serangan musuh, dikutip dari Levi 1945.

Tubuh yang ramping dan langsing, serta otot kuat yang bidang, ikut mempermudah merpati pos dalam menerjang angin laut yang besar dan kondisi tidak terduga lainnya.

Burung Pintar dan Daya Ingat Kuat

Merpati pos termasuk burung yang pintar dan memiliki daya ingat kuat. Kecerdasan mengingatnya menjadi sebab utama merpati pos layak jadi burung pengantar pesan. Merpati pos mampu ingat arah kembali ke sarangnya.

Merpati pos baru boleh dilatih sejak usia 5 hingga 10 hari (masa pelatihan tahap pertama). Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang seperti yang disebut sebelumnya, sangat bermanfaat dalam perkembangan otaknya.

Merpati pos akan dilatih dengan membawa jauh sebelum jadwal makannya. Beberapa hari kemudian dibawa lebih jauh lagi dari sebelumnya. Seterusnya hingga merpati terbiasa terbang puluhan kilometer dan kembali ke sarangnya untuk makan.

Mengerti Perintah Manusia

Kemudian, kecerdasan alamiah dari merpati pos mampu mengerti perintah dari manusia. Seperti yang dikutip dari Greeners.co 2016, burung merpati pos masih digunakan sebagai pengawas kualitas udara kota London.

Mereka memiliki nama Pigeon Air Patrol yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang langit London yang penuh polusi. Para merpati dilengkapi dengan tas punggung, yang berfungsi memberitakan kualitas udara dengan spesifik di tempat dan waktu tertentu.

Mata Jernih

Di antara kedua mata merpati pos terdapat jaringan yang berisi berbagai macam mineral besi. Hal tersebut merupakan kunci kemampuannya dalam menentukan arah. Mata merpati pos yang jernih mempermudahnya memperhatikan sekeliling saat terbang, serta memudahkan merpati mengenali tempat kembali atau sarang.

Aerodinamis

Fisik merpati pos selanjutnya sebagai pendukung ketika terbang ialah memiliki bentuk kepala yang aerodinamis. Layaknya di dunia balap, aerodinamis sebagai daya gerak melewati udara akan membantu merpati pos menuju lokasi penyampaian surat.

 

Mampu Mengembalikan Pesan

Tak hanya mengirim surat, merpati pos juga bisa membawa surat balasan. Tentu saja karena kemampuannya yang bisa mengenali perintah dan daya ingatnya yang kuat.

Nah itulah sedikit informasi mengenai surat, di zaman yang semakin digital ini penggunakan surat tulis sangatlah jarang digantikan dengan surat digital yang lebih mudah dan praktis.

 

Kotak Surat

Kotak surat menjadi media tempat penyimpanan surat atau tempat menerima surat. Di zaman sekarang ini kotak surat tidak terlalu populer karena orang – orang sudah jarang menggunakan surat tulis melainkan dengan surat digital.

Namun, di zaman sekarang kotak surat berganti fungsi yang semula, tempat menerima atau menyimpan surat dari pengirim, sekarang menjadi tempat menerima paket belanja online.

 

Nah untuk kamu yang belum punya dan ingin punya kotak surat kampungkaleng menjual aneka kotak surat. di kampungkaleng juga bisa custom kotak surat yang kamu inginkan lho.

 

Jangan Lupa kunjungi marketplace kami langsung klik di bawah ini

 

WEBSITE:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

 

Bagikan

Info Menarik Seputar Surat Yang Perlu kamu Ketahui | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja