fbpx
Beranda » Artikel » Kampung Kaleng Mengikuti Expo di Jakarta Convention Center

Kampung Kaleng Mengikuti Expo di Jakarta Convention Center

Diposting pada 6 October 2023 oleh admin | Dilihat: 119 kali | Kategori:

Kampung Kaleng berkesempatan diundang oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia untuk mengikuti pameran di Jakarta Convention Center selama lima hari. Di Indonesia, pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah kegiatan yang cukup umum dan beragam. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan produk dan layanan yang diproduksi oleh UMKM dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memasarkan produk mereka kepada audiens yang lebih luas. Berikut beberapa contoh kegiatan pameran UMKM yang ada di Indonesia:

  1. Pameran UMKM Nasional: Pemerintah Indonesia sering mengadakan pameran UMKM nasional yang melibatkan UMKM dari seluruh Indonesia. Pameran semacam ini dapat mencakup berbagai sektor, seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan, produk fashion, dan lainnya.
  2. Pameran UMKM Daerah: Banyak pemerintah daerah di seluruh Indonesia mengadakan pameran UMKM di tingkat lokal atau regional. Ini adalah kesempatan bagi UMKM di daerah tersebut untuk memamerkan produk mereka dan mendapatkan dukungan dari komunitas setempat.
  3. Pameran Online: Dalam beberapa tahun terakhir, pameran UMKM online juga semakin populer di Indonesia. Ini memungkinkan UMKM untuk memasarkan produk mereka melalui platform online dan mencapai audiens yang lebih luas tanpa harus memiliki booth fisik.
  4. Pameran Spesifik Bidang: Ada pameran UMKM yang lebih fokus pada bidang-bidang tertentu, seperti pameran UMKM makanan dan minuman, pameran produk halal, pameran produk organik, dan sebagainya.
  5. Pameran Kewirausahaan Muda: Beberapa pameran di Indonesia difokuskan pada kewirausahaan muda dan startup. Ini memberikan peluang bagi pemuda Indonesia yang berbakat untuk memamerkan ide-ide bisnis inovatif mereka.
  6. Pameran Produk Lokal: Pameran semacam ini menyoroti produk-produk khas daerah atau lokal. Setiap daerah memiliki produk unggulan tersendiri, seperti batik, tenun, atau kerajinan tangan khas, dan pameran ini membantu mempromosikan produk-produk tersebut.
  7. Pameran Produk Kreatif: Pameran UMKM kreatif biasanya menampilkan produk-produk yang berkaitan dengan seni dan kreativitas, seperti seni rupa, musik, film, dan desain.
  8. Pameran Eksport UMKM: Untuk membantu UMKM Indonesia memasuki pasar internasional, pemerintah juga mengadakan pameran yang fokus pada ekspor produk UMKM ke negara lain.
  9. Pameran Pariwisata dan Kuliner: Pameran ini sering menampilkan produk-produk yang terkait dengan industri pariwisata, seperti makanan dan minuman tradisional, kerajinan tangan, dan produk-produk wisata lainnya.
  10. Pameran Inovasi Teknologi: Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan UMKM yang berfokus pada teknologi dan inovasi, seperti startup teknologi, perangkat lunak, dan layanan digital.

Pameran UMKM adalah cara yang efektif bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia untuk meningkatkan visibilitas produk mereka, memperluas jaringan bisnis, dan meningkatkan penjualan. Selain itu, pameran ini juga membantu mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.

Kampung Kaleng Mengikuti Pameran di JCC

Kampung Kaleng Mengikuti Pameran di JCC

Manfaat Mengikuti Pameran

Mengikuti pameran atau expo dapat memberikan berbagai manfaat, terutama untuk perusahaan dan individu yang ingin mempromosikan produk, layanan, atau ide mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama mengikuti pameran:

  1. Promosi dan Pemasaran: Pameran adalah platform yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens yang relevan. Anda dapat menarik perhatian pengunjung dengan booth menarik dan informasi yang informatif.
  2. Interaksi Langsung dengan Pelanggan Potensial: Pameran memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan potensial. Anda dapat menjawab pertanyaan mereka, memberikan demonstrasi produk, dan membangun hubungan personal yang dapat membantu membangun kepercayaan.
  3. Pengenalan Produk Baru: Jika Anda memiliki produk atau inovasi baru, pameran adalah cara yang baik untuk mengenalkannya kepada pasar. Anda dapat mendapatkan umpan balik langsung dari pengunjung dan melihat bagaimana produk Anda diterima.
  4. Memperluas Jaringan Bisnis: Pameran adalah tempat yang baik untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Anda dapat berinteraksi dengan perusahaan lain dalam industri Anda, menjalin koneksi baru, dan mencari peluang kerja sama atau investasi.
  5. Mengikuti perkembangan industri: Mengikuti pameran juga dapat membantu Anda mengikuti perkembangan terbaru dalam industri Anda. Anda dapat melihat produk dan layanan baru yang ditawarkan oleh pesaing dan mendapatkan wawasan tentang tren terbaru.
  6. Mempelajari dari Orang Lain: Pameran adalah tempat yang baik untuk belajar dari orang lain dalam industri Anda. Anda dapat menghadiri seminar, lokakarya, atau presentasi yang diselenggarakan selama pameran untuk mendapatkan pengetahuan tambahan.
  7. Peningkatan Citra Perusahaan: Berpartisipasi dalam pameran yang terkenal dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan citra perusahaan Anda. Ini dapat memberikan kesan bahwa perusahaan Anda serius dan berkomitmen untuk berkembang.
  8. Mendapatkan Data Pelanggan: Anda dapat mengumpulkan data kontak pelanggan potensial selama pameran. Ini dapat digunakan untuk mengembangkan kampanye pemasaran lebih lanjut setelah acara selesai.
  9. Mengukur Keberhasilan: Setelah pameran selesai, Anda dapat mengukur keberhasilan Anda dengan menganalisis hasilnya. Ini termasuk mengukur jumlah prospek yang diperoleh, penjualan yang dihasilkan, dan tingkat pengembalian investasi (ROI).
  10. Peningkatan Kepercayaan dan Kesadaran Merek: Dengan tampil secara konsisten dalam pameran, Anda dapat membangun kesadaran merek yang lebih besar dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda.

Namun, penting untuk mencatat bahwa mengikuti pameran juga dapat memerlukan biaya dan upaya yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan dan mempersiapkan partisipasi Anda dengan baik agar dapat mengoptimalkan manfaatnya.

Pihak Yang Terlibat Dalam Kegiatan

Dalam pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), biasanya ada berbagai pihak yang hadir sebagai peserta atau pengunjung. Berikut adalah beberapa pihak yang umumnya hadir dalam pameran UMKM:

  1. Pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM): UMKM adalah peserta utama dalam pameran ini. Mereka memiliki booth atau stan di pameran untuk memamerkan produk atau layanan yang mereka produksi dan menjualnya kepada pengunjung.
  2. Pengunjung Umum: Pengunjung umum adalah individu atau konsumen yang datang ke pameran untuk melihat, membeli, atau mengevaluasi produk dan layanan yang ditawarkan oleh UMKM. Mereka dapat membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan kesadaran tentang produk UMKM.
  3. Pengusaha dan Pemilik Bisnis Lainnya: Pengusaha dan pemilik bisnis lainnya sering hadir dalam pameran UMKM untuk menjajaki peluang kerja sama atau investasi dengan UMKM yang berpartisipasi.
  4. Perwakilan Pemerintah: Pemerintah daerah atau pusat sering berperan dalam mendukung pameran UMKM, dan mereka dapat mengirim perwakilan untuk mendukung acara tersebut.
  5. Investor dan Pemegang Saham: Pameran UMKM juga dapat menarik perhatian investor dan pemegang saham potensial yang tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis UMKM yang menjanjikan.
  6. Media dan Jurnalis: Media lokal dan nasional dapat hadir untuk meliput pameran UMKM dan mewawancarai pemilik bisnis serta menghasilkan liputan berita.
  7. Organisasi Bisnis dan Industri: Beberapa organisasi bisnis atau industri dapat hadir untuk mendukung pameran UMKM dan memberikan informasi atau dukungan tambahan kepada peserta.
  8. Akademisi dan Peneliti: Terkadang, akademisi dan peneliti juga menghadiri pameran UMKM untuk melakukan studi atau penelitian terkait dengan perkembangan UMKM dan tren bisnis.
  9. Pihak Terkait Lainnya: Beberapa pihak terkait lainnya, seperti penyedia layanan logistik, perusahaan teknologi, penyedia layanan keuangan, dan lain sebagainya, dapat hadir dalam pameran UMKM untuk menawarkan layanan dan solusi yang relevan.

Pameran UMKM adalah kesempatan bagi UMKM untuk mempromosikan produk dan layanan mereka kepada berbagai pihak yang dapat membantu mereka berkembang. Ini juga merupakan ajang untuk berinteraksi, berkolaborasi, dan membangun jaringan dalam dunia bisnis.

Kampung Kaleng Mengikuti Pameran di JCC

Kampung Kaleng Mengikuti Pameran di JCC

Kampung Kaleng Mengikuti Pameran di Jakarta Convention Center

Pada Bulan Agustus tahun 2019 yang lalu, Kampung Kaleng berkesempatan mengikuti pameran di Jakarta Convention Center diundang oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dalam acara yang berlangsung selama lima hari itu, dihadiri oleh pengunjung dari seluruh Indonesia. Tidak hanya UMKM Binaan dari Kementrian Perindustrian saja yang menempati stand-stand yang tersedia akan tetapi banyak pula perusahaan yang terlibat dalam acara ini, seperti Tokopedia, Bukalapak bahkan Blibli.com pun ikut mengisi stand. Perusahaan fintech dan expedisi pun hadir dalam acara berskala nasional itu.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia itu, Kampung Kaleng mengajak pengunjung untuk berkenalan dengan produk dan membagikan souvenir kepada pengunjung yang datang dengan sebelumnya mengisi buku tamu dan memfollow akun instagram kampung kaleng di @kampungkaleng. Banyak hadiah dan souvenir yang dibagikan dalam acara ini, seperti kaleng kerupuk mini, asbak bahkan gantungan kunci pun dibagikan kepada pengunjung. Semoga ke depannya masih ada event yang serupa, yang bisa diikuti supaya Kampung Kaleng makin dikenal oleh masyarakat umum.

Kampung Kaleng adalah sentra perajin logam yang berada di Bogor. Banyaknya warga yang berprofesi sebagai perajin logam, menjadikan daerah ini salah satu UMKM unggulan Kabupaten Bogor. Logam dalam bahasa citeureup, sering disebut dengan “kaleng”. Sehingga apapun jenis logam, alumunium, stainless, galvalum, disebut “kaleng”. Tak heran bila media yang meliput, kemudian menyebut daerah ini menjadi Kampung Kaleng.

kaleng kerupuk, kaleng kerupuk jadul, kaleng krupuk, wadah kerupuk, kaleng kerupuk jaman dulu, blek kerupuk jadul, kaleng kerupuk besar, harga kaleng kerupuk, kaleng kerupuk mini, jual kaleng kerupuk jadul, wadah kerupuk jadul, kaleng krupuk mini, harga kaleng kerupuk besar, kerupuk kaleng biru, jual kaleng kerupuk besar, kaleng kerupuk stainless, kaleng kerupuk sabar, wadah kerupuk kaca, kaleng kerupuk bekas, blek kerupuk mini, jual kaleng kerupuk, kaleng kerupuk kaca, kaleng kerupuk plastik, jual blek kerupuk, blek kerupuk warna pink, kaleng blek kerupuk, kaleng kerupuk kecil, pengrajin kaleng kerupuk, ukuran kaleng kerupuk, harga kaleng kerupuk mini, kaleng kerupuk biru, kaleng kerupuk putih, wadah kerupuk jaman dulu, kaleng kerupuk hias, kaleng kerupuk unik

Bagikan

Kampung Kaleng Mengikuti Expo di Jakarta Convention Center | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: kamp.kaleng@gmail.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja