fbpx
Beranda » Artikel » Kue Pukis: Sejarah dan Peluang Bisnisnya

Kue Pukis: Sejarah dan Peluang Bisnisnya

Diposting pada 22 June 2023 oleh admin | Dilihat: 572 kali | Kategori:

Sejarah awal mula Kue Pukis tidak dapat dipastikan dengan pasti, namun kue ini diyakini telah ada sejak zaman kolonial Belanda di Indonesia. Kue Pukis memiliki pengaruh dari resep kue Belanda yang kemudian disesuaikan dengan cita rasa lokal.

Kue Pukis pada awalnya disebut sebagai “apem” atau “apam” oleh masyarakat Jawa. Namun, seiring perkembangan waktu, namanya berubah menjadi Kue Pukis. Istilah “pukis” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “berpori” atau “berongga”. Hal ini mengacu pada tekstur kue yang memiliki rongga atau pori-pori di dalamnya.

Kue Pukis biasanya dipanggang dalam cetakan khusus yang terbuat dari logam atau tembaga, yang diletakkan di atas tungku arang. Proses pembuatan kue ini membutuhkan keterampilan khusus, termasuk dalam hal mengatur suhu dan waktu panggang yang tepat agar menghasilkan kue yang matang secara merata dan memiliki tekstur yang lembut.

Selama bertahun-tahun, Kue Pukis telah berkembang menjadi kue tradisional yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Variasi rasa dan bahan tambahan seperti keju, cokelat, pandan, atau kacang menjadi variasi yang sering ditambahkan untuk memberikan variasi rasa dan tampilan yang menarik.

Kue Pukis memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia karena kelezatannya yang unik dan kehadirannya dalam berbagai acara tradisional, seperti perayaan hari raya atau acara keluarga. Kue Pukis tidak hanya menjadi camilan lezat, tetapi juga merupakan simbol dari kehangatan dan kebersamaan.

Dalam perjalanan waktu, Kue Pukis telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia. Dengan berbagai variasi rasa dan penyesuaian lokal, Kue Pukis terus diperbarui dan dipertahankan sebagai kue tradisional yang dicintai oleh generasi masyarakat Indonesia.

Pada awalnya, Kue Pukis dibuat dengan menggunakan cetakan logam atau tembaga yang diletakkan di atas tungku arang. Namun, seiring perkembangan teknologi, cetakan kue modern yang terbuat dari bahan teflon atau bahan anti lengket mulai digunakan.

Kue Pukis telah mengalami perkembangan dalam variasi rasa dan tampilan. Selain varian rasa tradisional seperti original, kini tersedia juga varian rasa seperti cokelat, keju, pandan, dan berbagai rasa lainnya. Kue Pukis juga sering dihiasi dengan topping seperti kacang, taburan gula halus, atau selai.

Cetakan Kue Pukis - Kampung Kaleng

Cetakan Kue Pukis – Kampung Kaleng

Kue Pukis Di Tiap Daerah

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis Kue Pukis yang terkenal dan menjadi favorit masyarakat. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kue Pukis Solo: Kue Pukis yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang harum. Biasanya, Kue Pukis Solo memiliki rasa original yang manis dan gurih. Kue ini dikenal dengan bentuknya yang bulat dengan rongga di dalamnya.
  2. Kue Pukis Bandung: Kue Pukis yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, memiliki ciri khas dalam bentuknya yang berbeda. Kue ini lebih datar dan memiliki rongga yang lebih banyak di bagian atasnya. Kue Pukis Bandung sering diisi dengan selai atau taburan gula halus.
  3. Kue Pukis Medan: Kue Pukis yang berasal dari Medan, Sumatera Utara, memiliki rasa yang kaya dan khas. Biasanya, Kue Pukis Medan mengandung kelapa parut yang memberikan tekstur dan aroma yang khas. Selain itu, kue ini juga sering diisi dengan taburan gula halus atau kacang.
  4. Kue Pukis Surabaya: Kue Pukis yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, memiliki bentuk yang mirip dengan Kue Pukis Solo, yaitu bulat dengan rongga di dalamnya. Namun, Kue Pukis Surabaya memiliki rasa yang lebih gurih karena penggunaan gula aren sebagai salah satu bahan utamanya.
  5. Kue Pukis Jakarta: Kue Pukis yang berasal dari Jakarta memiliki ciri khas dalam bentuknya yang lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan jenis Kue Pukis lainnya. Kue Pukis Jakarta memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Biasanya, kue ini diisi dengan gula merah cair atau taburan kelapa parut.

Kue-kue Pukis ini dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional, toko kue, atau pedagang kaki lima di seluruh Indonesia. Masing-masing jenis Kue Pukis memiliki keunikan dan cita rasa yang memikat lidah masyarakat, menjadikannya kue tradisional yang populer dan menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia.

Cetakan Kue Pukis - Kampung Kaleng

Cetakan Kue Pukis – Kampung Kaleng

Resep Membuat Kue Pukis

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Kue Pukis yang lezat dan autentik:

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk
  • 1/2 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak atau mentega untuk mengoles cetakan

Cara membuat: a. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. b. Tambahkan santan dan telur ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kental. c. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam agar mengembang. d. Panaskan cetakan Kue Pukis dengan sedikit minyak atau mentega di atas api sedang. e. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga mencapai 3/4 bagian penuh. f. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang selama beberapa menit hingga bagian bawah kue kecokelatan dan bagian atasnya berpori. g. Balikkan Kue Pukis dan panggang hingga matang sempurna. h. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis.

Cetakan Kue Pukis - Kampung Kaleng

Cetakan Kue Pukis – Kampung Kaleng

Cetakan Kue Pukis

Cetakan Kue Pukis adalah salah satu komponen penting dalam pembuatan kue ini. Cetakan tradisional terbuat dari logam atau tembaga dengan lubang bundar di bagian bawahnya dan lubang berbentuk segitiga di atasnya. Namun, saat ini tersedia juga cetakan modern yang terbuat dari bahan teflon atau bahan anti lengket yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Peluang Bisnis Berjualan Kue Pukis

Kue Pukis memiliki potensi bisnis yang menjanjikan bagi para pengusaha kuliner. Kelezatannya yang khas, tekstur yang lembut, dan variasi rasa yang beragam menjadikan Kue Pukis populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bisnis berjualan Kue Pukis dapat dilakukan dengan membuka toko kue, gerai kue di pusat perbelanjaan, atau melalui pemasaran online. Selain itu, kerjasama dengan kafe, restoran, atau warung kopi juga dapat meningkatkan penjualan.

Dalam menjalankan bisnis ini, penting untuk menjaga kualitas dan konsistensi rasa Kue Pukis. Menawarkan varian rasa yang beragam dan mengikuti tren pasar dapat menarik minat konsumen. Pemasaran melalui media sosial, platform daring, dan penyediaan layanan pengiriman juga dapat meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas bisnis.

Dengan sejarah yang kaya, resep yang teruji, serta potensi bisnis yang menjanjikan, Kue Pukis dapat menjadi peluang yang menguntungkan bagi pengusaha kuliner yang ingin menghadirkan cita rasa tradisional Indonesia kepada masyarakat luas. Dalam memulai bisnis ini, penting untuk melakukan riset pasar, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, dan mempertahankan kualitas produk yang tinggi.

 

Kampung Kaleng adalah sentra perajin logam yang berada di Bogor. Banyaknya warga yang berprofesi sebagai perajin logam, menjadikan daerah ini salah satu UMKM unggulan Kabupaten Bogor. Logam dalam bahasa citeureup, sering disebut dengan “kaleng”. Sehingga apapun jenis logam, alumunium, stainless, galvalum, disebut “kaleng”. Tak heran bila media yang meliput, kemudian menyebut daerah ini menjadi Kampung Kaleng.

Kampung Kaleng – www.kampungkaleng.com

cetakan kue pukis, cetakan pukis, harga cetakan pukis, harga cetakan kue pukis, cetakan pukis happy call, cetakan pancong, cetakan pukis mini, harga cetakan pukis happy call, cetakan bandros, cetakan pukis signora, cetakan kue rangin, loyang kue pukis, harga cetakan kue pukis yang murah, cetakan pukis besar, loyang pukis, cetakan pukis jumbo, cetakan kue pukis happy call, cetakan kue pukis listrik, cetakan kue pukis lazada, cetakan kue pukis bulat, cetakan kue bandros, cetakan pukis aluminium, harga cetakan pukis shopee, cetakan kue pukis kuningan, cetakan pukis harga, cetakan pukis yang bagus, cetakan pukis suggo, cetakan kue pukis shopee, cetakan buroncong, harga cetakan pancong, harga cetakan kue pukis hakasima, harga cetakan kue bandros, cetakan pukis bulat, harga cetakan bandros, cetakan kue pukis yang bagus, happy call cetakan pukis, panggangan kue pukis, cetak kue pukis, gambar cetakan kue pukis, cetakan kue kukis, cetakan kue pukis besar, harga cetakan kue pukis happy call, harga loyang pukis, gambar cetakan pukis, cetakan kue buroncong, cetakan kue pancong bulat, cetakan pukis lazada, harga cetakan kue rangin, harga cetakan pukis biasa, harga cetakan pukis kecil

#resepkuepukis, #cetakankuepukishappycall, #cetakankuepukislistrik, #cetakanbikang, #cetakanpukisaustralia, #cetakankuepukisteflon, #cetakankuepukisinenglish, #cetakanpukisbesar

Bagikan

Kue Pukis: Sejarah dan Peluang Bisnisnya | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: kamp.kaleng@gmail.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja