fbpx
Beranda » Artikel » Loyang Roti Tawar Kampung Kaleng

Loyang Roti Tawar Kampung Kaleng

Diposting pada 5 July 2018 oleh admin | Dilihat: 716 kali | Kategori:

Roti tawar sudah menjadi salah satu menu sarapan wajib, terutama bagi orang-orang di luar negeri karena memang disana makanan pokoknya adalah gandum yang menjadi bahan utama pembuat roti.

Roti tawar juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat dari segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia pun bisa mengonsumsi roti tawar setiap hari. Karena selain memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, roti tawar ini juga memberikan kenikmatan rasa yang bisa disatukan dengan makanan lainnya.

Loyang Roti Tawar

 

Pada umumnya, roti tawar yang sering kita temui di pasaran itu ada 2 jenis, yaitu ‘white bread‘ dan ‘toast bread‘. Roti jenis white bread ini adalah roti tawar yang masih berukuran besar, sedangkan toast bread adalah roti tawar yang sudah dipotong-potong. Kalau di toko roti maupun di pasar swalayan, ada banyak ragam roti tawar lainnya yang dijual, seperti french bread, pain au levain, baguette, frankenbrot, roti gandum, dan masih banyak lainnya.

untuk menghasilkan roti tawar yang enak dan lembut tentunya komposisi resep roti tawar dengan campuran bahan-bahan yang pas. Untuk tempat adonan sebaiknya dari stainless atau alumunium. Mulai dari ukuran 15×7 cm, 20×10 cm, 30×12 cm.

Bahan-bahan

  • Tepung terigu ±500 gram (½ kg). Sebelum digunakan sebaiknya di saring dahulu
  • Susu bubuk full cream ±650 gram
  • Mentega ±38 gram, sebaiknya pilih mentega putih
  • Baker Bonus ±1 gram
  • Ragi instan ±1 gram
  • Garam ±10 gram
  • Air es ±300 gram

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan wadah stainless atau alumunium berukuran sedang, bisa menggunakan loyang berukuran 20×10 cm. Kemudian masukkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Aduk semua bahan sampai rata.
  2. setelah semua tercampur rata, buat lobang dibagian tengah adonan dengan menggunakan jari, kemudian kucurkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Proses pencampuran bahan-bahan roti tawar ini harus benar-benar sempurna. Hasil adonan yang bagus itu adalah kalis dan tidak lengket.
  3. Kemudian campur dan remas adonannya sampai kalis, elastis, serta tidak terasa lengket.
  4. Selanjutnya simpan adonan dalam wadah tertutup rapat dengan menggunakan kain bersih, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah mengembang dengan sempurna dan maksimal, remas lagi adonannya sampai kempes kembali, tujuannya itu supaya bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam loyang.
  6. Ambil loyang dan olesi dengan mentega secara merata, kemudian masukkan adonan yang sudah kempes tadi ke dalam loyang paling tidak ¾ dari isi loyang.
  7. Tunggu sampai adonan mengembang lagi hingga semua bagian dalam loyang penuh, kemudian tutup, tapi jangan lupa sebelumnya olesi dahulu dengan mentega.
  8. Kalau sudah, masukkan dalam oven dengan suhu sekitar 190°c selama ±25-30 menit.
  9. Angkat, dinginkan, dan potong sesuai selera
Bagikan

Loyang Roti Tawar Kampung Kaleng | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja