fbpx
Beranda » Artikel » Martabak; Si Bulat Peluluh Hati Camer

Martabak; Si Bulat Peluluh Hati Camer

Diposting pada 27 August 2018 oleh admin | Dilihat: 544 kali | Kategori:

Martabak, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, hampir diseluruh penjuru bangsa pasti ada yang menjajakannya, mulai dari kota sampai ke desa, semua kalangan menikmatinya.

Cita rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau menjadi alasan martabak digandrungi semua kalangan. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak asin atau yang biasa disebut martabak telur.

Cetakan Martabak

Menurut sejumlah literatur, martabak manis atau yang aslinya bernama Hok Lo Pan awalnya adalah Makanan Khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka ( Khek ) Bangka. Maka dari itu kebanyak orang mengenal sebutan Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti Harfiah Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo.

Cara membuatnya tidak terlalu sulit, menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis.

Seiring berjalannya waktu makin banyak inovasi untuk topping martabak manis ini, mulai dari strawberry, cokelat Toblerone, red velvet dan lainnya. Kini martabak manis sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Martabak manis juga memiliki banyak sebutan bahkan di Indonesia sendiri, seperti kue terang bulan, kue bandung, dan juga apam pinang.

Cetakan Martabak Mini

Martabak mempunyai keunikan tertentu, salah satunya sebagai “sesajen” yang dibawa saat bertemu calon mertua. Bagi sebagian pria mungkin pernah mengalami hal ini, ketika akan berkunjung kerumah pasangannya ada rasa canggung untuk bertemu sang calon mertua dan martabaklah yang dipiih sebagai “sesajen” atau “alat diplomasi”.

Mengapa harus martabak? Martabak dinilai makanan yang tepat untuk diberikan kepada calon mertua karena meskipun harganya tidak terlalu mahal namun terlihat ekslusif dan menunjukan strata sosial seseorang, serta kebanyakan orang ketika diberikan makanan yang memang menjadi favorit, seketika mood orang tersebut akan meningkat sehingga raut wajah yang awalnya biasa saja akan berubah menjadi sumringah dan pada akhirnya sang calon mertua dapat luluh dengan sendirinya.

Sebelum membawakan martabak untuk sang calon mertua, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, pertama martabak manis atau martabak  telur yang disukainya, bisa kamu ketahui dengan bertanya pada pasanganmu.

Kedua, berapa jumlah anggota keluarga yang ada didalam rumah pasanganmu, hal ini penting karena sebenarnya yang harus kamu luluhkan bukan hanya sang calon mertua melainkan keluarganya, misal pasanganmu mempunyai tiga adik dan satu kakak, otomatis kamu harus membawa dua bungkus martabak kerumah pasanganmu, intinya jumlah martabak yang kamu bawa harus sesuai dengan jumlah anggota keluarga pasanganmu.

Jika sudah merasakan dampak baik dari luluhnya calon mertuamu, jangan terus menerus menjadikan martabak sebagai “sesajen” yang dibawa ketika berkunjung kerumah pasanganmu, lama kelamaan sang calon mertua dan keluarganya akan bosan, cobalah untuk mencari tahu makanan lain yang disukainya, atau mencoba untuk lebih menunjukan sisi kepribadianmu ketimbang terus menerus menutupinya dengan membawa martabak terus menerus. hehe

Pada intinya, budaya membawa martabak ketika berkunjung kerumah pasangan sudah ada sejak lama. Meskipun tidak ada yang tahu tanggal persisnya kapan, seperti sudah menjadi konsensus bahwa makanan yang wajib dibawa sebagai “sesajen” saat berkunjung kerumah pasangan adalah martabak.

 

 

Bagikan

Martabak; Si Bulat Peluluh Hati Camer | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja