fbpx
Beranda » Artikel » Membuat Lontong Menggunakan Cetakan

Membuat Lontong Menggunakan Cetakan

Diposting pada 21 June 2018 oleh admin | Dilihat: 765 kali | Kategori:

Menjelang hari raya, lontong bisa jadi salah satu menu wajib yang ada di rumah. Salah satunya, dikarenakan hadirnya rendang dan opor ayam sehingga memicu keberadaan lontong sebagai lawan mainnya, wkwk. Bila sebelumnya kita membuat lontong dengan manual, pakai daun pisang atau pakai plastik. Kini, kampung kaleng memberikan salah satu solusi, membuat lontong dengan cetakan.

Kelebihannya lebih praktis, walaupun tetap pakai daun pisang, hehe. Yang jelas, secara bentuk dan ukuran pasti sama semua. Hal ini sangat membantu orang-orang yang berbisnis jualan lontong sayur, lontong opor, lontong balap, dan lontong-lontong yang lainnya.Pertama, ukurannya pasti sama. Lebih sedap dipandang mata dan segar masuk mulut, wkwk. Kedua, dengan menggunakan cetakan, lebih mudah menghitung porsinya, berapa banyak beras yang digunakan, tingkat kekenyalan tekstur lontong dan ketauan kalo nambah, hehe…

Gimana cara bikinnya, yuk kita simak step by step berikut ini, jangan praktek kalo belum punya cetakannya. Ya iyalah, gimana mau praktek? kan ngga punya cetakannya. Syarat penting, punya beras dan punya cetakannya. kompor sama panci bisa pinjem tetangga, kalo ngga malu, wkwk

Cetakan Lontong

 

Cuci beras hingga bersih

Sebelum diolah menjadi lontong, beras harus dicuci bersih terlebih dahulu. Anda bisa mencucinya hingga 4-6 kali untuk menghasilkan lontong yang lebih awet. Setelah dicuci, beras bersih bisa langsung digunakan. Tapi, kalau anda menginginkan hasil lontong yang lebih pulen dan rekat, tambahkan 1 sdm air kapur sirih ke beras bersih, kemudian biarkan menyerap selama 30 menit.

Lap daun pisang dengan kain lembap

Walaupun sudah memakai cetakan, anda tetap perlu menggunakan daun pisang untuk melapisi lontong dan memberikan warna hijau yang cantik. Daun pisang yang sudah dibeli, kemudian dilap dengan kain yang lembap supaya sisa-sisa kotoran terangkat.

Sebenarnya, anda bisa menggunakan daun pisang jenis apa saja. Namun, daun pisang batu bisa menjadi pilihan terbaik karena teksturnya lembut, tidak mudah sobek, harum, dan memberikan warna hijau yang cukup pekat.

 

Daun pisang dipotong persegi, gulung jadi bentuk pipa, dan masukkan ke cetakan

Untuk dapat dimasukkan ke dalam cetakan, daun pisang perlu dipotong-potong menjadi bentuk persegi dulu. Ukurannya bermacam-macam, tergantung panjang cetakan yang anda gunakan. Jika panjang cetakan yang anda gunakan adalah 15 cm, maka daun pisang harus anda potong berbentuk persegi dengan ukuran 15×15 cm.

Setelah dipotong, gulung daun pisang menjadi seperti pipa menggunakan jari saja. Bagian yang licin diletakkan di bagian dalam, ya. Kemudian, masukkan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan.

 

Tutup bagian bawah cetakan dan tuang beras hingga setengah tinggi cetakan

Cetakan lontong silindris ini memiliki 2 buah tutup untuk menutup kedua ujungnya. Setelah daun pisang dimasukkan, tutup salah satu ujungnya. Kemudian, tuang beras ke dalam cetakan. Ingat, hanya sampai setengah tinggi cetakan saja, ya. Setelah terisi setengahnya, tutup ujung cetakan yang satunya.

 

Rebus lontong dalam posisi berdiri dan terendam air selama 2 jam

Seluruh cetakan lontong yang sudah terisi dan tertutup kemudian ditata dengan posisi berdiri di dalam panci. Mengapa harus dalam posisi berdiri? Supaya beras bisa matang dan padat dengan sempurna, serta supaya mudah diangkat saat sudah matang.

Tuangkan air secukupnya ke dalam panci, sampai seluruh bagian cetakan lontong tertutup dengan air. Jumlah air ini juga harus diperhatikan. Seluruh bagian cetakan lontong harus tertutup air supaya lontong matang dengan merata. Setelah semua siap, rebus lontong selama kurang lebih 2 jam. Kalau menggunakan pressure cooker, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja.

Tiriskan lontong dan keluarkan dari cetakan

Setelah direbus selama 2 jam, matikan api dan buang air rebusan secara perlahan sampai habis. Ketika air rebusan dibuang, biarkan lontong berada di dalam panci dulu karena masih cukup panas untuk dipegang. Kalau air rebusan sudah habis, baru angkat lontong pelan-pelan, buka kedua penutupnya, dan tiriskan. Setelah dirasa cukup dingin, keluarkan lontong dari dalam cetakan. Lontong pun siap disajikan bersama rekan-rekannya.

 

Bagikan

Membuat Lontong Menggunakan Cetakan | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja