fbpx
Beranda » Artikel » Mengenal Jamu Khas Indonesia

Mengenal Jamu Khas Indonesia

Diposting pada 13 June 2022 oleh Kampung Kaleng | Dilihat: 137 kali | Kategori:

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuh-tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang, dan buah.

Jamu jadi minuman herbal yang menyehatkan tubuh, Ada berbagai pilihan jamu yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia seperti kunir asem, beras kencur, temulawak, pahitan, dan masih banyak lagi. di tengah pandemi covid-19. saat ini, jamu bisa menjadi alternatif pilihan untuk meningkatkan imunitas tubuh .

Nah, Kampungkaleng akan membahas jamu khas indonesia nih yuk simak berikut ini

1. Beras Kencur

Jamu yang pertama adalah beras kencur. Jamu jenis ini selalu ada saat Anda membelinya di penjual jamu gendong. Rasa beras kencur lebih manis dibandingkan jamu-jamu lainnya. Seperti namanya, bahan utama saat membuat jamu beras kencur adalah beras dan kencur. Selain dua bahan tersebut, bahan-bahan lain seperti asam jawa, jeruk nipis, gula kelapa, dan daun pandan bisa ditambahkan.

Khasiat dari beras kencur diantaranya adalah:

  • Menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.
  • Sebagai penyegar tubuh setelah bekerja.
  • Meringankan batuk.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Meredakan flu dan radang tenggorokan.
  • Mengencangkan perut setelah melahirkan.
  • Melancarkan peredaran darah.

2. Kunyit Asem

Kunir asam sudah lama dikenal sebagai jamu yang berkhasiat meringankan sakit saat haid.  Jamu gendong ini terbuat dari kunyit, asam jawa, gula aren, air, dan sedikit garam. Terkadang beberapa penjual jamu juga menambahkan air sirih saat menyajikan kunyit asam.

Manfaat dari kunyit asam diantaranya

  • Menyegarkan tubuh.
  • Mencegah panas dalam atau sariawan.
  • Melancarkan haid dan mencegah nyeri haid.
  • Mendinginkan perut.

3. Temulawak

Temulawak oleh bangsa Indonesia sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan minuman atau jamu. Rimpang ini berbentuk mirip kunyit yang memiliki warna kuning muda. Temulawak sejak dulu sudah dikenal dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya temulawak memiliki kandungan protein, selulosa, minyak atsiri dan kurkuminod yang berfungsi mengatasi masalah sistem pencernaan, anti radang hingga mencegah kanker.

 

4. Wedang Jahe

Salah satu jamu yang paling mudah didapatkan adalah wedang jahe. Hampir semua warung makan di Indonesia menyediakan wedang jahe.

Jamu yang menggunakan bahan dasar jahe ini terkenal sebagai minuman yang berfungsi menghangatkan tubuh. Selain itu, struktur jahe mengandung senyawa genarial, lypdis dan protein yang dapat membantu mencegah penyakit diabetes, inflamasi hingga kanker.

 

5. Pahitan

Jamu paling pahit ini terbuat dari daun sambiloto dan brotowali. Bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi risiko diabetes, gejala pilek seperti demam, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan pegal.

6. Asam Jawa

Perpaduan menyegarkan asam jawa dan gula merah ini dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Antibakteri dari ekstrak asam bisa menjaga tubuh kebal dari penyakit

7. Kudu Laos

Terbuat dari rebusan pucuk mengkudu, lengkuas, dan rempah lainnya. Jamu ini jadi sumber antioksidan, mampu mengobati hipertensi, gejala batuk, sistem pencernaan, perut kembung.

Ya, itu dia beberapa jamu khas indonesia dan sederet manfaatnya. Jamu sendiri baik diminum agar meningkatkan imunitas tubuh kita, nah Kamu sendiri sering minum yang mana nih sobat kamka?

 

   

 

WEBSITE:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

kampung kaleng, pengrajinkaleng, pengrajinkalengkerupuk, tokoloyangonlineciteureup, pengrajinloyangaluminiumjakarta, kampung kaleng bogor, kampungkaleng.com

Bagikan

Mengenal Jamu Khas Indonesia | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja