fbpx
Beranda » Artikel » Roti Bluder; Si Lembut Peninggalan Belanda

Roti Bluder; Si Lembut Peninggalan Belanda

Diposting pada 29 August 2023 oleh admin | Dilihat: 171 kali | Kategori:

Sejarah roti di Indonesia memiliki akar yang panjang, walaupun roti tidak selalu menjadi makanan utama dalam budaya kuliner Indonesia. Roti pertama kali diperkenalkan oleh pedagang Arab dan India yang datang ke Nusantara pada masa lalu. Namun, konsumsi roti tidak begitu melekat dalam masyarakat Indonesia yang pada umumnya lebih menggemari nasi sebagai makanan pokok.

Pada awalnya, roti lebih dikenal sebagai makanan khas orang-orang Tionghoa di Indonesia dan ditemukan di kota-kota besar dengan populasi etnis Tionghoa yang signifikan. Roti yang ditemukan di masa tersebut cenderung mirip dengan roti Tionghoa seperti mantou atau baozi.

Perkembangan roti sebagai makanan populer di Indonesia secara perlahan terjadi seiring dengan berjalannya waktu dan pengaruh budaya asing. Pada zaman kolonial Belanda, pengaruh Eropa membawa masuk lebih banyak resep roti dari benua Eropa. Roti seperti croissant dan roti tawar menjadi lebih umum dijumpai di Indonesia.

Namun, konsumsi roti secara luas baru benar-benar meningkat dalam beberapa dekade terakhir, terutama di kota-kota besar dan perkotaan yang lebih terpapar budaya internasional. Hal ini sejalan dengan tren globalisasi dan perubahan pola makan masyarakat. Roti tawar, roti gulung, dan roti manis seperti roti cokelat atau roti keju kini sudah menjadi bagian dari makanan sehari-hari bagi banyak orang di Indonesia.

Pada tahun 2000-an, munculnya toko-toko roti dan kafe yang menghidangkan berbagai jenis roti dengan berbagai rasa dan bentuk yang kreatif semakin mempopulerkan konsumsi roti di Indonesia. Roti-roti dengan isian yang unik, seperti roti bluder, roti isi cokelat, roti isi kacang, dan lain sebagainya, menjadi tren yang disambut baik oleh masyarakat.

Secara keseluruhan, sejarah roti di Indonesia mencerminkan perpaduan antara pengaruh budaya asing dengan ciri khas lokal. Roti kini telah menjadi alternatif makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dan banyak bisnis roti lokal yang menghasilkan berbagai jenis roti kreatif yang sesuai dengan selera lokal.

Cetakan Roti Bluder - kampungkaleng.com

Cetakan Roti Bluder – kampungkaleng.com

Mengenal Roti Bluder

Roti bluder merupakan roti jadul peninggalan Belanda yang masih bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Madiun. Berbeda dengan roti pada umumnya, roti bluder memiliki tekstur yang lebih lembut karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas. Roti bluder berbentuk piramida dengan bagian atasnya yang bulat mengembang. Roti ini memiliki isian yang beragam, mulai dari cokelat hingga keju.

Tekstur lembut roti bluder didapatkan dari penggunaan bahan-bahan berkualitas, seperti kuning telur dalam jumlah banyak, susu, dan mentega. Umumnya, pembuat roti bluder hanya menggunakan susu sebagai campuran tanpa menggunakan air. Saat disobek, akan tampak serat-serat halus pada roti bluder. Karena tanpa pengawet, roti ini bertahan hingga enam hari.

Sama seperti resep kue klasik Indonesia pada umumnya, resep kue bluder juga berasal dari Belanda. Roti yang sudah ada sejak zaman Belanda ini dibawa oleh bangsa Eropa ke tanah air sebagai santapan wajib. Sejak saat itu, roti bluder menjadi populer di Indonesia. Bahkan, kini roti bluder menjadi salah satu oleh-oleh khas Madiun, Jawa Timur. Roti bluder biasanya disantap secara langsung sebagai menu sarapan maupun camilan di sore hari. Namun, baru-baru ini muncul tren terbaru cara menyantap roti bluder dengan disiram.

Roti bluder diletakkan di gelas atau mangkuk. Kemudian, roti tersebut disiram dengan susu, kopi, cokelat, teh tarik, atau minuman lain sesuai selera. Roti yang sudah disiram itu kemudian disantap dengan cara menyendoknya sedikit demi sedikit. Selain di Madiun, roti bluder juga masih bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia, baik secara offline maupun online. Harganya pun relatif terjangkau, yakni hanya sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000 per bungkus

Tekstur yang Menyegarkan
Salah satu hal yang membedakan Roti Bluder dari jenis roti lainnya adalah teksturnya yang lembut dan renyah pada bagian luar. Tekstur renyah di bagian luar roti ini memberikan sensasi yang memuaskan saat digigit, sementara bagian dalamnya tetap lembut dan empuk. Kombinasi ini memberikan pengalaman makan yang unik dan memuaskan.

Beragam Varian Rasa
Roti Bluder hadir dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. Mulai dari varian klasik seperti cokelat dan keju, hingga varian rasa yang lebih eksotis seperti stroberi, pandan, kacang, dan masih banyak lagi. Ini membuat Roti Bluder cocok untuk semua lidah dan kesempatan, baik sebagai camilan, sarapan, atau bahkan hadiah istimewa.

Fleksibilitas dalam Kreativitas
Karena teksturnya yang dapat diisi dengan berbagai bahan, Roti Bluder memberikan fleksibilitas yang besar dalam kreativitas. Baker (pembuat roti) dapat menggabungkan berbagai isian sesuai dengan selera dan tren terkini. Ini memungkinkan munculnya berbagai kreasi roti yang unik dan menarik.

Alternatif Sehat
Roti Bluder juga dapat diolah dengan bahan-bahan yang lebih sehat, seperti penggunaan tepung gandum utuh atau bahan organik lainnya. Hal ini membuat Roti Bluder menjadi alternatif sehat bagi mereka yang ingin menikmati roti dengan cita rasa lezat tanpa mengorbankan aspek nutrisi.

Ketersediaan yang Luas
Roti Bluder telah merambah berbagai toko roti dan kafe di seluruh Indonesia. Hal ini membuatnya mudah diakses oleh masyarakat yang ingin menikmati kelezatan Roti Bluder. Beberapa tempat mungkin juga menawarkan varian rasa dan ukuran yang berbeda, memberikan variasi yang lebih banyak.

Dalam beberapa tahun terakhir, Roti Bluder telah menjadi salah satu pilihan favorit di antara berbagai jenis roti di Indonesia. Keunikan tekstur, beragam varian rasa, dan fleksibilitas dalam kreativitas membuat Roti Bluder tidak hanya menjadi sajian lezat, tetapi juga peluang bisnis yang menarik dalam industri makanan.

Cetakan Roti Bluder - Kampung Kaleng

Cetakan Roti Bluder – Kampung Kaleng

Awal Mula Munculnya Roti Bluder

Roti Bluder pertama kali muncul di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Meskipun belum ada informasi rinci mengenai siapa yang pertama kali menciptakan atau memperkenalkan Roti Bluder, namun munculnya roti ini dapat dikaitkan dengan perkembangan industri roti dan inovasi dalam dunia kuliner di Indonesia pada masa tersebut.

Mungkin terinspirasi oleh variasi roti dari berbagai budaya dan tren makanan yang berkembang, para baker (pembuat roti) di Indonesia mulai menciptakan roti dengan tekstur dan rasa yang berbeda dari roti tradisional yang sudah ada. Roti Bluder menjadi inovasi yang menarik perhatian karena teksturnya yang lembut dan renyah, serta kemampuannya untuk diisi dengan berbagai varian rasa.

Kebutuhan akan variasi dalam makanan dan minuman, terutama dalam industri kuliner yang semakin kompetitif, mungkin telah mendorong pengembangan Roti Bluder sebagai alternatif baru. Kreativitas dalam menciptakan makanan yang lezat dan unik juga telah berperan dalam munculnya Roti Bluder, mengingat tekstur dan varian rasa yang beragam menjadi daya tarik utamanya.

Seiring dengan waktu, popularitas Roti Bluder semakin meningkat. Banyak toko roti dan kafe mulai menjual Roti Bluder sebagai salah satu produk andalan mereka. Ketersediaan yang semakin luas dan permintaan yang terus meningkat telah menjadikan Roti Bluder sebagai bagian yang penting dalam berbagai pilihan roti di Indonesia.

Secara keseluruhan, Roti Bluder adalah contoh inovasi kuliner yang menggabungkan elemen tradisional dan kreativitas modern. Meskipun belum ada catatan pasti mengenai pencipta pertama kali Roti Bluder, perkembangan industri roti dan tren kuliner di Indonesia telah membuka jalan bagi munculnya roti ini sebagai alternatif yang lezat dan unik dalam dunia roti di Indonesia.

Cetakan Roti Bluder - Kampung Kaleng

Cetakan Roti Bluder – Kampung Kaleng

Resep Roti Bluder

Berikut adalah resep dasar untuk membuat Roti Bluder. Anda bisa menambahkan varian rasa atau isian sesuai dengan selera Anda.

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 11 gram ragi instan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air hangat
  • 50 gram margarin
  • Isian sesuai selera (misalnya, cokelat chip, keju parut, kacang, dll.)

Cara Membuat:

  1. Persiapan Awal:
    • Campurkan ragi instan dengan air hangat dan diamkan selama beberapa menit hingga berbusa.
    • Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam.
  2. Pembuatan Adonan:
    • Tambahkan ragi yang sudah berbusa ke campuran tepung.
    • Mulailah mengaduk dengan spatula atau tangan, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk.
    • Setelah adonan mulai terbentuk, tambahkan margarin dan uleni adonan dengan tangan hingga elastis dan lembut. Proses pengulenan mungkin memakan waktu sekitar 10-15 menit.
  3. Pengembangan Adonan:
    • Bentuk adonan menjadi bola dan letakkan dalam mangkuk yang telah diolesi sedikit minyak.
    • Tutup mangkuk dengan kain bersih atau plastik wrap.
    • Diamkan adonan selama sekitar 1 jam atau hingga mengembang dua kali lipat.
  4. Pembentukan Roti:
    • Keluarkan adonan dari mangkuk dan letakkan di permukaan datar yang sudah ditaburi sedikit tepung.
    • Pipihkan adonan dengan tangan atau rolling pin hingga berukuran sekitar 1 cm.
  5. Penambahan Isian:
    • Taburkan isian sesuai selera (misalnya, cokelat chip, keju parut, kacang, dll.) pada permukaan adonan yang sudah dipipihkan.
  6. Pembentukan Roti Bluder:
    • Gulung adonan dari salah satu sisi untuk membungkus isian.
    • Potong adonan yang telah digulung menjadi bagian-bagian yang seragam.
  7. Pemanggangan:
    • Letakkan potongan-potongan adonan pada loyang yang telah dilapisi kertas roti atau diolesi margarin.
    • Biarkan adonan istirahat selama sekitar 30 menit.
    • Panaskan oven pada suhu 180°C.
    • Panggang Roti Bluder dalam oven selama sekitar 20-25 menit atau hingga berwarna kecokelatan dan matang.
  8. Penyelesaian:
    • Setelah matang, keluarkan Roti Bluder dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Anda dapat menyesuaikan resep ini dengan varian rasa atau isian yang Anda suka, seperti cokelat, keju, kacang, atau buah-buahan. Selamat mencoba membuat Roti Bluder yang lezat!

Cetakan Roti Bluder - Kampung Kaleng

Cetakan Roti Bluder – Kampung Kaleng

Cetakan Roti Bluder

Cetakan atau bentuk Roti Bluder dapat bervariasi, mulai dari bentuk bulat, oval, hingga bentuk unik lainnya. Penggunaan cetakan yang menarik dapat menambah daya tarik visual Roti Bluder Anda. Produk ini bisa didapatkan langsung melalui website kampungkaleng.com. Kampung Kaleng adalah sentra perajin logam yang berada di Bogor. Banyaknya warga yang berprofesi sebagai perajin logam, menjadikan daerah ini salah satu UMKM unggulan Kabupaten Bogor. Logam dalam bahasa citeureup, sering disebut dengan “kaleng”. Sehingga apapun jenis logam, alumunium, stainless, galvalum, disebut “kaleng”. Tak heran bila media yang meliput, kemudian menyebut daerah ini menjadi Kampung Kaleng.

Peluang Bisnis Berjualan Roti Bluder

Bisnis berjualan Roti Bluder memiliki potensi yang menarik, terutama dengan popularitas yang terus berkembang bagi jenis roti ini di Indonesia. Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin memulai bisnis berjualan Roti Bluder:

  1. Varian Rasa Kreatif: Anda dapat mengembangkan berbagai varian rasa Roti Bluder yang unik dan menarik. Kreativitas dalam menciptakan kombinasi rasa yang belum pernah ada bisa menjadi nilai jual yang kuat untuk bisnis Anda.
  2. Pemasaran Melalui Media Sosial: Menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau platform lainnya bisa menjadi cara yang efektif untuk memasarkan produk Anda. Unggah foto-foto menarik dari Roti Bluder dengan berbagai varian rasa dan gunakan hashtag relevan untuk meningkatkan visibilitas.
  3. Kemitraan dengan Kafe: Menawarkan produk Roti Bluder kepada kafe-kafé yang sudah mapan dapat menjadi langkah strategis. Roti Bluder bisa dijual sebagai camilan atau menu sarapan di kafe, memberikan Anda peluang untuk memperluas jangkauan bisnis.
  4. Penyedia Camilan Acara: Menawarkan Roti Bluder sebagai camilan untuk acara-acara seperti pesta ulang tahun, pernikahan, atau acara korporat bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menyesuaikan tampilan dan rasa Roti Bluder sesuai tema acara.
  5. Bisnis Online: Menjual Roti Bluder secara online melalui platform e-commerce atau platform pemesanan makanan online dapat menjadi alternatif yang baik, terutama dalam situasi di mana layanan pengantaran makanan semakin populer.
  6. Kelas Memasak atau Pelatihan: Jika Anda memiliki keahlian dalam pembuatan Roti Bluder yang unik, Anda bisa membuka kelas memasak atau pelatihan untuk masyarakat. Ini bisa menjadi cara untuk memonetisasi keahlian Anda dan mempromosikan bisnis Anda.
  7. Menjaga Kualitas dan Konsistensi: Kualitas dan konsistensi adalah kunci dalam bisnis roti. Pastikan roti Anda selalu enak dan konsisten dari satu produksi ke produksi berikutnya.
  8. Menjaga Kreativitas: Tetaplah kreatif dalam pengembangan produk. Sesekali Anda bisa menghadirkan edisi terbatas dengan rasa atau tampilan yang spesial untuk menarik perhatian konsumen.
  9. Pelayanan Pelanggan yang Baik: Berikan pelayanan pelanggan yang baik. Responsif terhadap pertanyaan, keluhan, atau saran konsumen akan membantu membangun reputasi positif untuk bisnis Anda.
  10. Analisis Pasar dan Persaingan: Lakukan analisis pasar dan kenali pesaing Anda. Ketahui tren dan preferensi konsumen, serta cari tahu apa yang bisa membedakan bisnis Anda dari yang lain.

Seperti dalam semua bisnis, kesuksesan dalam menjalankan bisnis berjualan Roti Bluder memerlukan kerja keras, kreativitas, manajemen yang baik, dan fokus pada kualitas. Sebelum memulai bisnis, lakukan riset yang matang dan perencanaan yang baik untuk memastikan langkah Anda menuju kesuksesan.

Bagikan

Roti Bluder; Si Lembut Peninggalan Belanda | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: kamp.kaleng@gmail.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja