fbpx
Beranda » Artikel » Sejarah Kue Brownies

Sejarah Kue Brownies

Diposting pada 2 October 2020 oleh admin | Dilihat: 371 kali | Kategori:

Sejarah Brownies pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1893. Saat itu digelar sebuah acara berupa pameran yang bertajuk Columbian Exposition yang diselenggarakan salah satu kota besar di Amerika, Chicago, Illinois. Pada saat itu seorang koki dari Hotel Palmer House membuat suatu inovasi kue setelah sang pemilik hotel Bertha Palmer memintanya untuk menghidangkan makanan penutup untuknya dan para perempuan yang hadir pada pameran tersebut. Sang koki diminta untuk membuat kue yang lain daripada yg lain dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan.

Loyang Brownies Ukuran 30 cm

Konon dari banyaknya cerita yang beredar, kue brownies berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang yang disebut baking powder dalam resep adonan kue bolu coklatnya. Sehingga alhasil setelah kue bolu tersebut dipanggang tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur kue bolu coklat yang harusnya lembut, tebal, dan banyak berpori, menjadi bantat, padat dan sedikit basah.

Kue Brownies

Adapun cerita lainnya tentang asal mula brownies adalah diceritakan seorang pemuda pengusaha kue yang mengalami krisis keuangan dan hampir membuat usahanya gulung tikar. Dia punya seorang karyawan yang masih temannya sendiri yang setiap pagi akan menjualkan kue-kue buatannya. Pada suatu hari dengan modal terakhir yang dia miliki, pemuda pengusaha kue tersebut membeli bahan-bahan untuk membuat kue coklat.

Hampir semalam suntuk dia berusaha keras membuat kue coklat lezat seperti yang tertera pada resep kue coklat. Pekerjaannya baru selesai saat fajar tiba. Namun alangkah kecewanya pemuda tersebut setelah melihat hasil kue coklatnya yang jauh berbeda dari yang terdapat pada buku panduan resep kue coklat. Modal terakhir yang dia punya pun telah habis untuk bahan-bahan kue coklat tersebut

Seperti biasanya pada pagi harinya sang karyawan datang mengambil kue hasil buatan majikannya tersebut. Tanpa bertanya karena melihat sang majikan tengah tertidur lelap akibat kelelahan membuat kue semalaman, dia mengambil kue-kue coklat tersebut dan menjualnya pada para pelanggan kue sang majikan. Para pelanggan sangat menikmati kue coklat itu dan kembali memesan untuk keesokan harinya, mereka mengira kue itu resep baru dari si pemuda tersebut. Dengan banyaknya pesanan kue coklat yang dikira gagal itu sang pemuda selamat dari gulung tikar.

Jenis – Jenis Brownies

Brownies Panggang
Brownies panggang yang dimaksud adalah, brownies yang awalnya beredar, dengan resep asli yang mirip takaran bikin cake biasanya.
Hanya saja bedanya nggak pakai pengembang kayak baking powder atau sejenisnya. Telurnya juga dikocok sebentar aja, biar nggak mengembang banget.

Brownies Panggang

Ciri khas brownies jenis ini yang paling berhasil adalah, adanya ‘shiny crust’ atau permukaannya mengkilat. Harus memiliki punya teknik khusus agar bisa menghasilkan permukaan yang cantik mengkilat. Yang paling original, brownies jenis ini diberi toping almond.
Tekturnya yang sedikit lebih kering tapi bantet, permukaannya yang cantik berpadu dengan toping kacang almond, rasanya udah kebayang gimana nikmatnya ya.

Brownies Kukus

Brownies kukus bermula dari brand Amanda. Uniknya, awalnya sebenarnya sama sekali tidak terinspirasi dari kue brownies, melainkan bolu kukus.
Eh ternyata, justru si penciptanya terinspirasi dari bolu kukus yang kurang pas di lidahnya, sehingga diutak atiklah resep baru, yang ternyata jauh lebih disukain banyak orang, dan karena cake tersebut berwarna dasar kue kukus cokelat, maka dinamakanlah kue brownies kukus.

Brownies Kukus

Adapun yang membedakan brownies kukus dengan brownies panggang adalah, tentu saja cara masaknya yang satu dipanggang dan satunya dikukus. Komposisinya yang mana brownies panggang tidak menggunakan pengembang sama sekali (untuk resep aslinya), sementara brownis kukus menggunakan pengembang sejenis cake emulsifer.
Perbedaan lainnya adalah tekstur dan aromanya, di mana tekstur brownies kukus lebih lembab dan empuk dibanding brownies panggang, meskipun aromanya tidak setajam brownies panggang, karena saat pengukusan biasanya aromanya menghilang bersama uap, sehiangga beberapa produk brownies kukus yang dijual biasanya menambahkan perasa cokelat agar wangi cokelatnya lebih keluar.

Frozen Brownies Atau Brownies Beku  

Brownies Beku

Frozen brownies atau brownies beku ini sebenarnya masuk dalam tipe brownies panggang, namun jenisnya kayak fudgy brownies maupun chewy brownies. Brownies beku adalah sensasi baru makan brownies, yaitu dengan cara di bekukan di dalam freezer terlebih dahulu, textur tetap lebut coklatnya sangat legit saat dimakan. Seperti makan es krim

Bagikan

Sejarah Kue Brownies | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja