fbpx
Beranda » Artikel » Macam – Macam Tumpeng Yang ada Di Indonesia

Macam – Macam Tumpeng Yang ada Di Indonesia

Diposting pada 25 February 2022 oleh Kampung Kaleng | Dilihat: 100 kali | Kategori:

Tumpeng – kamka

Tumpeng atau nasi tumpeng adalah makanan masyarakat Jawa yang penyajian nasinya dibentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk.

Sebelum kampungkaleng membahas lebih lanjut tentang, macam – macam tumpeng yang ada di Indonesia. sebaiknya kita simak  dulu yuk, sejarah dan makna tumpeng itu sendiri!

 

Sejarah Filosofis Tumpeng

Dilansir dari buku berjudul Bali Bukan India, tumpeng merupakan gambaran kondisi geografis Indonesia yang dipenuhi gunung berapi. Hidangan ini sudah ada sejak dahulu kala untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para Hyang atau arwah leluhur.

Saat proses penyebaran agama Hindu di Pulau Jawa terjadi, bentuk mengerucut tumpeng dibuat untuk meniru Gunung Mahameru yang dianggap suci. Konon, gunung ini menjadi tempat tinggalnya para Dewa-Dewi.

Akhirnya, masuknya agama Islam ke Pulau Jawa membuat arti tumpeng bergeser. Semula untuk memuliakan gunung, lalu berubah menjadi wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Biasanya, disajikan selepas pengajian Al-Qur’an yang disantap bersama-sama.

Arti Dan Makna Kata Tumpeng

Menurut tradisi Islam Jawa, “Tumpeng” merupakan akronim dalam bahasa Jawa : yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan sungguh-sungguh). Lengkapnya, ada satu unit makanan lagi namanya “Buceng”, dibuat dari ketan; akronim dari: yen mlebu kudu sing kenceng (bila masuk harus dengan sungguh-sungguh) Sedangkan lauk-pauknya tumpeng, berjumlah 7 macam, angka 7 bahasa Jawa pitu, maksudnya Pitulungan (pertolongan).

 

Tiga kalimat akronim itu, berasal dari sebuah doa dalam surah al Isra’ ayat 80: “Ya Tuhan, masukanlah aku dengan sebenar-benarnya masuk dan keluarkanlah aku dengan sebenar-benarnya keluar serta jadikanlah dari-Mu kekuasaan bagiku yang memberikan pertolongan”. Menurut beberapa ahli tafsir, doa ini dibaca Nabi Muhammad SAW waktu akan hijrah keluar dari kota Mekah menuju kota Madinah. Maka bila seseorang berhajatan dengan menyajikan Tumpeng, maksudnya adalah memohon pertolongan kepada Yang Maha Pencipta agar kita dapat memperoleh kebaikan dan terhindar dari keburukan, serta memperoleh kemuliaan yang memberikan pertolongan. Dan itu semua akan kita dapatkan bila kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

Makna Lauk Pauk Yang ada di dalam Tumpeng

Tak hanya namanya saja yang penuh arti, lauk tumpeng yang biasanya terdiri dari tujuh jenis makanan juga punya makna tersendiri. Biasanya nasi tumpeng memiliki tujuh lauk, kata Ari, karena dalam bahasa Jawa tujuh adalah ‘pitu’. Pitu ini merupakan akronim dari ‘pitulungan’ atau pertolongan. Lauk-pauk tersebut juga jadi representasi sumber daya alam terutama hasil bumi. Lauk pada nasi tumpeng biasanya terdiri dari apa saja yang ada di laut, darat, dan udara. Rasanya pun beragam, ada asam, manis, dan pahit. Keberagaman rasa tersebut merepresentasikan kehidupan di dunia yang juga kadang terasa asam, manis, dan pahit. Tak itu saja, warna nasi kuning atau putih pada tumpeng juga memiliki arti khusus. Kuning menurut Ari adalah warna emas, simbol kemuliaan yang megah. Sedangkan warna putih selama ini diketahui sebagai sebuah simbol kesucian.

  1. Nasi melambangkan makanan pokok yang berasal dari sesuatu yang bersih dan halal
  2. Ayam (jantan atau jago) artinya menghindari hal-hal buruk yang lekat pada ayam jago sok jago, kesombongan selalu menyela pembicaraan, dan merasa benar sendiri
  3.  Ikan lele lambang dan ketabahan meski hidup di dalam air yang tidak mengalir dan ulet mengatasi setiap masalah
  4.  Ikan teri melambangkan keguyuban atau kebersamaan
  5. Telur rebus yang dipindang dengan kulitnya, melambangkan manusia diciptakan dengan fitrah yang sama
  6. Sayur urap yang terdiri dari kangkung, bayam, kacang panjang taoge, dan bumbu urap Tiap sayuran juga memiliki makna yang berbeda kangkung berarti jinangkung atau melindungi bayam berarti ayem tentrem, taoge atau kecambah berarti tumbuh, kacang panjang melambangkan pemikiran yang jauh ke depan bawang merah artinya hidup dengan pertimbangan matang dan bumbu urap berarti rip atau hidup atau mampu menghidupi keluarga
  7. Cabai merah bukan sekadar hiasan, tapi berarti agar kita bisa menjadi penerang bagi orang-orang sekitar

Nah sekarang mari kita bahas macam – macam tumpeng di Indonesia beserta makna di baliknya

Macam – macam Tumpeng yang ada di Indonesia

1.   Tumpeng Megana

Tumpeng megana dibuat untuk merayakan suatu kelahiran, di isi dengan nasi bewarna putih yang merupakan lambang kesucian dan sayur masyur yang merupakan lambang pengharapan doa bagi kehidupan sang anak kelak. Hiasan paling mencolok dari tumpeng ini adalah telur, bawang merah, dan cabai berada di puncak tumpeng yang juga memiliki arti  di baliknya.

2.    Tumpeng Pungkur

Tumpeng dengan nasi putih yang dicetak setengah kemudian dibelah dua secara vertikal dan dipasang terbalik. Tumpeng ini adalah tumpeng khusus untuk acara kematian.

3.    Tumpeng Punar

Untuk mengekspresikan rasa syukur dan kegembiraan. Tumpeng ini biasanya ada pada perayaan ulang tahun atau baru mendapat rezeki. Lauk pauk nya berbeda dengan tumpeng megana dan biasanya menggunakan kedelai goreng, abon, kering tempe, dan lain-lain. Rasa lauk tumpeng punar beragam untuk melengkapi nasi kuning. “Harmoni rasa merupakan kenikmatan yang timbul dari rasa syukur,” kata Murdjati.

 

4.   Tumpeng Robyong

Tumpeng ini dipenuhi lidi yang disulut dengan kapas. Pada nasi tumpeng robyong ini, lidi tersebut akan diberi minyak di masing-masing titik nya  lalu dibakar. Biasanya nasi tumpeng ini dibuat untuk ritual dan harapan masyarakat seperti meminta turun hujan, mengusir penyakit, serta musim panen.

5.    Tumpeng Kapuranto

Tumpeng bewarna biru dengan lauk nya tujuh macam, tumpeng ini merupakan lambang permintaan maaf. Pewarna biru pada nasi tumpeng biasanya menggunakan daun bunga telang.

6.    Tumpeng Kendit

Tumpeng warna putih dan warna kuning yang melingkari dua pertiga dari puncaknya. Menandakan orang tersebut sedang terbebas dari suatu kesulitan.

7.    Tumpeng Ponco warno

Terdiri dari lima warna, merah, kuning, hitam, putih, biru, hijau untuk seluruh alam di dunia, termasuk alam gaib yang dipercaya dalam kepercayaan Jawa. Tumpeng ini dimaksud untuk keselarasan dengan alam gaib dan alam nyata.

Tumpeng adalah salah satu makanan khas Indonesia. Tumpeng merupakan bagian penting dalam perayaan kenduri tradisional. Perayaan atau kenduri adalah wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainnya. Karena memiliki nilai rasa syukur dan perayaan, hingga kini tumpeng sering kali berfungsi menjadi kue ulang tahun dalam perayaan pesta ulang tahun atau acara lainnya.

Makna di balik tumpeng itu sendiri ialah kita harus senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat nya yang diberikan kepada kita.

Nah untuk kamu yang ingin membuat tumpeng tapi tidak punya cetakan tumpeng tenang saja, di kampungkaleng tersedia banyak cetakan tumpeng mulai dari yang mini sampai yang besar dengan harga yang terjangkau pastinya.

cetakan tumpeng mini 1 set – kamka

cetakan tumpeng mini 1 set – kamka

Untuk pemesanan bias langsung klik di bawah ini ya !

 

WEBSITE:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

tumpeng, macam-macam tumpeng, nasi tumpeng, tumpeng megana, makna tumpeng, sejarah tumpeng, makna filosofis tumpeng, arti lauk pauk tumpeng, arti tumpeng, makna nasi tumpeng, tumpengan, cetakan tumpeng, harga cetakan tumpeng, cetakan tumpeng murah, cetakan tumpeng 1 set, cetakan tumpeng tangga, cetakan tumpeng mini, tumpeng mini,

Bagikan

Macam – Macam Tumpeng Yang ada Di Indonesia | Kampung Kaleng

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Our Office:

Jl RE. Sulaeman. Kamurang RT 02/07 No. 5 Puspasari Citeureup Bogor 16810

Pelayanan Konsumen:

  • Senin – Jum’at
  • Pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari Sabtu
  • Pukul 08.00 – 12.00 WIB

Customer Service:

Telepon dan Whatsapp:

Telkom: 021-87945717

Telkomsel: 0813 – 9266 – 0009

Indosat: 0815 – 902 – 9109

XL Axiata: 0878 – 8488 – 8909

Website:

Website: www.kampungkaleng.com

Email: admin@kampungkaleng.com

Instagram: @kampungkaleng

Facebook: Kampung Kaleng

Chat via Whatsapp
Nila
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nila
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja